Apakah Naik Kereta Masih Butuh Surat Vaksin? Simak Penjelasan Berikut

Apakah Naik Kereta Masih Butuh Surat Vaksin? Simak Penjelasan Berikut

Surat vaksin tidak lagi jadi syarat perjalanan naik kereta api. FOTO TANGKAPAN LAYAR/INSTAGRAM @kai121_--

RADARLAMPUNG.CO.IDInformasi mudik lebaran 2024! Berikut merupakan penjelasan apakah naik kereta masih butuh surat vaksin atau tidak.

Melansir akun Instagram resmi @kai121_ PT Kereta Api Indonesia tidak lagi menjadikan surat keterangan vaksin sebagai syarat perjalanan naik kereta.

Sehingga pemudik yang ingin lebaran di kampung halaman dengan menggunakan jasa perjalanan Kereta Api tidak perlu lagi sibuk mencari tempat vaksin.

Hal ini didasarkan pada regulasi syarat naik Kereta Api dalam Surat Edaran No.17 tahun 2023 yang diterbitkkan pada 12 Juni 2023 lalu.

BACA JUGA:PT KAI Divre IV Tanjung Karang Sediakan Amus di 18 Titik, Antisipasi Ambles dan Longsor

Di dalamnya menjelaskan bahwa surat vaksinasi kini hanya sebatas anjuran, dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA pada mudik lebaran 2024 ini.

Namun demikian, pihak PT KAI tetap menganjurkan penumpang menggunakan masker apalagi jika berada dalam kondisi tubuh tidak sehat atau kurang fit.

Hal ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri dari potensi tertular maupun menularkan penyakit pada orang lain di sekitarnya.

Meskipun pandemi sudah mereda, penumpang tetap diimbau mencuci tangan secara berkala khususnya setelah menyentuh benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

BACA JUGA:Beda Kue Lapis Kojo, Lapis Legit dan Engka Ketan, Camilan Tradisional Lampung Ini yang Muncul saat Lebaran

Pelanggan juga diimbau membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama dalam perjalanan. Tujuannya untuk antisipasi jika sakit saat masih berada dalam perjalanan mudik.

Sebagai informasi tambahan, PT Kereta Api Divisi Regional (Divre) Tanjung Karang telah menyediakan alat material untuk siaga (AMUS) di sebanyak 18 titik lokasi.

Penyediaan AMUS ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi amblesan dan longsor di jalur Kereta Api.

18 Titik Lokasi Pemasangan AMUS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: