Pemprov Lampung Optimalkan Fasilitas Kesehatan Selama Mudik Lebaran 1445 H

Pemprov Lampung Optimalkan Fasilitas Kesehatan Selama Mudik Lebaran 1445 H

Direktur RSUDAM Lampung, dr Lukman Pura.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mudik Lebaran 1445 H/2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengoptimalkan kesiapan fasilitas dan tenaga kesehatan.

Itu dilakukan untuk membantu kelancaran mudik Lebaran 1445 H/2024. Sebab tahun ini diprediksi terjadi peningkatan jumlah pemudik.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung dr. Lukman Pura mengatakan, RSUDAM siap menyambut mudik, seiring meningkatnya potensi jumlah pemudik di tahun ini. 

Sehingga pihaknya melakukan antisipasi lonjakan tersebut dengan menyiapkan fasilitas dan tenaga kesehatan jika dibutuhkan.

BACA JUGA:4 Tips Mudik Aman Bebas Copet saat Naik Kendaraan Umum

"Rumah sakit hanya menyiapkan (fasilitas dan tenaga kesehatan, red) apabila memang dibutuhkan," ujar dr. Lukman Pura.

Ada sekitar 400 dokter yang disiapkan RSUDAM selama mudik lebaran 1445 H/2024 yang siap melayani masyarakat saat dibutuhkan.

Begitu juga pemenuhan sarana penunjang seperti obat-obatan, kapasitas tempat tidur, dan bahan habis pakai lainnya juga disiapkan. 

"Kita bersiap dengan sekitar 400 dokter, baik spesialis maupun sub spesialis. Kemudian perawat medis, dan sarana penunjang lainnya," ungkap dr. Lukman Pura.

BACA JUGA:Layanan Penyeberangan Mudik Lebaran 2024, ASDP Imbau Waspada Cuaca Buruk

Ia pun melihat bahwa pada mudik lebaran tahun ini tidak terdapat tren peningkatan epidemiologi.

Meskipun demikian pihaknya tetap siaga dan waspada seraya berharap gelaran mudik Lebaran berjalan dengan lancar dan aman.

"Melihat epidemiologinya, tampaknya tidak ada lonjakan-lonjakan yang aneh, tapi kita tetap waspada," terangnya.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Edwin Rusli mengatakan, pihaknya menyiapkan 85 posko mudik yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: