Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Masih Berlaku Sampai 21 April 2024, Cek Wilayah Terdampak

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Masih Berlaku Sampai 21 April 2024, Cek Wilayah Terdampak

Update peringatan dini cuaca ekstrem, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir/angin kencang. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut merupakan update peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia yang masih berlaku sampai 21 April 2024 mendatang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui keterangan resmi di Instagram @infobmkg mengimbau Masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Sejumlah wilayah di Indonesia diperkirakan mengalami kondisi cuaca ekstrem selama kurun waktu sepekan ke depan.

Kondisi sepekan ke depan diprediksi akan diwarnai dengan peningkatan curah hujan dan intensitas yang bervariasi.

BACA JUGA:Lampung Masih Masuk Potensi Wilayah Terdampak Hujan, BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggi

Di mana akan ada sejumlah wilayah yang terdampak hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir ataupun angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa kondisi ini dipicu aktifitas beberapa fenomena dinamika atmosfer.

Fenomena yang saat ini terjadi mencakup aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial, gelombang atmosfer Kelvin, dan labilitas atmosfer skala lokal.

Dalam kombinasi tersebut memiliki pengaruh yang diperkirakan dapat menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

BACA JUGA:Apakah KUR Mandiri Masih Ada? Cek Syarat dan Ketentuan serta Plafon

Selanjutnya berkaitan dengan dampak yang harus diwaspadai seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Kondisi cuaca ekstrem ini diperkirakan masih berlangsung di sebagian wilayah Indonesia berikut:

- Sebagian besar wilayah Pulau Sumatera termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Utamanya bagian pesisir barat.

- Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: