Arinal: Pembangunan Daerah Harus Berorientasi Pada Pembangunan Ekonomi Hijau

Arinal: Pembangunan Daerah Harus Berorientasi Pada Pembangunan Ekonomi Hijau

Asisten Bidang Administrasi Umum Senen Mustakim.---Sumber foto : Diskominfotik.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta pembangunan di daerah kedepannya harus berorientasi kepada pembangunan ekonomi hijau.

Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Senen Mustakim dalam membacakan sambutan Gubernur Arinal pada apel mingguan, Senin 22 April 2034, sekaligus memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024.

Kata Senen Mustakim, peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII 2024 yang jatuh pada 25 April mendatang mengusung tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat.

Sejalan dengan tema tersebut, menurut Senen Mustakim, pembangunan di daerah kedepannya harus berorientasikan kepada pembangunan ekonomi hijau.

BACA JUGA:Jangan Dilewatkan! Tanggamus Expo 2024 Dibuka Malam Ini

"Pembangunan ekonomi hijau yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan," ujar Senen Mustakim.

Lanjut Senen Mustakim, konsep ekonomi hijau dalam hal transisi energi di Indonesia didukung oleh pengoptimalan pemanfaatan sumber energi terbarukan.

Salah satu langkah yang diambil adalah melalui pembuatan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk penyediaan tenaga listrik.  

"Program ini bertujuan melakukan transformasi sistem ekonomi Indonesia yang mengutamakan perlindungan lingkungan," ucapnya.

BACA JUGA:Hendak Ikuti Jejak Jokowi, Tukang Kayu di Lampung Ini Jadi Pendaftar Pertama Penjaringan Cagub PDIP

Cara yang dapat dilakukan mulai dari transisi bahan bakar fosil; optimalisasi efisiensi energi dan; juga mitigasi perubahan iklim.

Dirinya berharap apa yang menjadi tujuan Otonomi Daerah sebagaimana filosofi pembentukannya dapat terwujud. 

Senen Mustakim juga mengajak unsur-unsur sumber daya manusia terutama ASN dapat berintegritas untuk bersama-sama mewujudkannya.

"Kunci yang utama untuk mencapai itu adalah pada unsur sumber daya manusia, terutama ASN yang berintegritas, profesional, kompeten dan dapat bekerjasama secara kolaboratif," tuturnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: