Apakah Lulusan Tahun 2024 Wajib Membawa Ijazah saat UTBK SNBT? Cek Ketentuannya

Apakah Lulusan Tahun 2024 Wajib Membawa Ijazah saat UTBK SNBT? Cek Ketentuannya

Ijazah jadi salah satu dokumen yang wajib dibawa saat UTBK SNBT 2024, kecuali bagi lulusan angkatan 2024 yang belum mendapatkannya. ILUSTRASI/BERBAGAI SUMBER--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan jawaban dari pertanyaan tentang ‘Apakah lulusan tahun 2024 wajib membawa ijazah saat mengikuti UTBK SNBT 2024?’.

Jawabannya adalah tidak wajib, karena untuk lulusan Angkatan 2024 ijazahnya mungkin masih belum dikeluarkan oleh pihak akademik yang terkait.

Karena biasanya ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat baru resmi dikeluarkan sekitar dua atau tiga bulan setelah kelulusan diumumkan.

Apalagi momen kelulusan tahun ini diperkirakan baru akan dilaksanakan pada awal bulan Mei 2024 mendatang.

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Ketentuan Ukuran Kartu Tanda Peserta UTBK SNBT 2024

Sementara UTBK SNBT gelombang pertama nanti akan dilakukan pada 30 April dan 2 sampai 7 Mei 2024. Dan gelombang kedua baru dilakukan pada 14 sampai dengan 20 Mei 2024 mendatang.

Akan tetapi terdapat Surat Keterangan yang disetarakan sebagai dokumen UTBK SNBT 2024 yang wajib dibawa saat mengikuti ujian.

Jika peserta ujian masih belum mendapatkan ijazah, khususnya siswa kelas 12 yang akan lulus di tahun ini.

Maka wajib membawa Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah, dengan menerangkan bahwa peserta adalah siswa kelas 12 yang aktif.

BACA JUGA:Warga Banten Nekat Lompat ke Laut Selat Sunda dari KMP Reina

Adapun informasi yang harus dilengkapi dalam Surat Keterangan tersebut di antaranya nama siswa, NISN, NPSN, tanda tangan kepala sekolah dan pasfoto terbaru yang berwarna serta dibubuhi cap stemple sekolah.

Lain halnya dengan lulusan Angkatan tahun 2022 dan 2023, maka wajib membawa fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi dan membawa yang asli.

Dokumen lainnya yang wajib dibawa adalah Kartu Identitas Diri seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar, atau Paspor.

Dan yang tak kalah penting adalah Kartu Tanda Peserta UTBK SNBT 2024 yang harus dicetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: