5 Desa Wisata di Lampung Pernah Masuk ADWI, Berikut Lokasi dan Pesona Keindahannya

5 Desa Wisata di Lampung Pernah Masuk ADWI, Berikut Lokasi dan Pesona Keindahannya

Desa wisata kiluan negeri atau desa teluk kiluan di kabupaten Tanggamus pernah termasuk 300 besar dalam ADWI 2023 salah satu pesona keindahan adalah dijumpai spesialis mamalia laut seperti lumba lumba. Foto [email protected]

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setiap tahunnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan event anugerah desa wisata indonesia (ADWI).

ADWI merupakan program unggulan yang memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para penggerak sektor pariwisata dalam upaya mempercepat pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya dan ekonomi desa.

Di Lampung sendiri ada beberapa desa yang pernah mas desa wisata masuk ADWI, antara lain:

1. Desa Wisata Kiluan Negeri di Kabupaten Tanggamus 

Desa Wisata Kiluan Negeri atau Desa Wisata Teluk Kiluan adalah Desa Wisata di Tanggamus Lampung tepatnya berlokasi di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

BACA JUGA:Rektor beserta Jajaran Kunjungi Bazar Ramadan Darma Wanita Unila

Berdasarkan website Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Desa Wisata Teluk Kiluan ini masuk 300 besar dalam ADWI 2023.

Desa wisata Kiluan Negeri merupakan desa Pesisir yang terletak di tepi pantai teluk Kiluan yang berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Desa Wisata Kiluan Negeri mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata yang oengelolaan berbasis masyarakat setempat sejak tahun 2005.

Lalu, tahun 2019 perairan teluk Kiluan dan sekitarnya telah ditetapkan melalui SK menteri kelautan perikanan RI sebagai kawasan konservasi perairan daerah untuk dikelola sebagai taman wisata perairan.

BACA JUGA:Aturan Masa Kerja Tenaga Honorer yang Diangkat Sebagai PPPK Prioritas 2024

Pada tahun 2020 telah ditetapkan sebagai pekon atau desa wisata melalui SK Bupati Tanggamus.

Di Perairan Teluk Kiluan memiliki beragam pesona keindahan, antara lain dapat dijumpai beberapa spesies mamalia laut seperti lumba lumba hidung botol, lumba lumba paruh panjang dan paus pilot.

Ditempat ini pengunjung bisa menikmati kegiatan wisata Dolphin Tour Treking ke Laguna Gayau,  Treking ke Talang Mulian, Eksplor Pulau Kelapa, Snorkeling, Wisata Pantai Cukuh Pandan, Memancing dan Diving.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: