Iklan Bos Aca Header Detail

Merinding! Ribuan Hewan Kaki Seribu Berbintik Kuning Bermunculan di Pesisir Barat Lampung

Merinding! Ribuan Hewan Kaki Seribu Berbintik Kuning Bermunculan di Pesisir Barat Lampung

Masyarakat Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali diresahkan dengan kemunculan hewa kaki seribu berbintik kuning (Harpaphe haydeniana) diwilayah pemukiman dan perkebunan penduduk setempat, bahkan hingga masuk kedalam --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali diresahkan dengan kemunculan hewa kaki seribu berbintik kuning (Harpaphe haydeniana) diwilayah pemukiman dan perkebunan penduduk setempat, bahkan hingga masuk kedalam rumah warga.

Erlina, warga setempat mengatakan bahwa, banyaknya spesies hewan kaki seribu berbintik kuning ini memang sudah sering terjadi setiap tahunnya, dan sudah sejak beberapa bulan terakhir kembali terlihat banyak di wilayah Pekon Walur ini. Bahkan, sejak sepakan terakhir sampai dengan saat ini terlihat cukup banyak.

"Sampai sekarang hewan kaki seribu berbintik kuning ini masih terlihat banyak baik dijalan raya, bahkan sampai masuk ke rumah-rumah warga," katanya.

Dijelaskannya, kondisi ini tentu meresahkan masyarakat, karena pihaknya khawatir dapat berdampak terhadap penyakit.

BACA JUGA:Polres Tanggamus Gelar Bersih Pantai di Dermaga Batu Balai, Sampah Jenis Ini Sasaran Utama

Mengingat kondisi hewan kaki seribu berbintik kuning ini juga menimbulkan bau tak sedap.

Karena itu diharapkan adanya solusi dari Pemerintah dalam menangani hewan tersebut yang memang sangat meresahkan warga.

"Jumlahnya cukup banyak mungkin ribuan, karena hewan kaki seribu ini terjadi diseluruh wilayah Pekon Walur ini khususnya," jelasnya.

Masih kata dia, untuk penanganan sementara rata-rata warga setempat menggunakan bubuk pestisida pembasmi hama, tetapi itu tidak efektif.

BACA JUGA:Kasus Pembuangan Bayi di Lampung Tengah, Ini Pelakunya!

Karena meski sebagian hewan yang terkena pestisida itu mati, namun banyak bermunculan kembali.

Sehingga, setiap pagi hari hingga sore hari dirinya juga kerap membersihkan dengan sapu agar hewan itu tidak masuk kedalam rumah.

"Kita kerap membersihkan dengan sapu agar  hewan itu tidak masuk rumah, apalagi jika cuaca setelah hujan (lembab) dipastikan banyak bermunculan," jelasnya.

Sementara itu, Peratin Walur, Yoyon Yufriza, membenarkan jika banyaknya hewan kaki seribu berbintik kuning yang terjadi di wilayah Pekon Walur ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: