Harga Bawang Putih Masih Tinggi, KPPU Bakal Panggil Distributor di Lampung

Harga Bawang Putih Masih Tinggi, KPPU Bakal Panggil Distributor di Lampung

KPPU wilayah II bersama Disperindag Lampung melakukan pemantauan harga bawang putih, Minggu 19 Mei 2024.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

BACA JUGA:Manfaatkan Batang Singkong dan Karet di Lampung Untuk Bangun Biomassa Kerakyatan

"Ini menjadi hal yang kami dalami juga. Apakah ada perilaku importir yang menahan pasokan. Kalau benar akan kenapa pasal di kita," tuturnya.

Terkait hasil sidak hari ini, Wahyu Bekti Anggoro melihat harga bawang putih masih stabil tinggi sejak pasca lebaran lalu.

"Saya lihat malah bawang merah yang turun. Dari Rp 40 ribu per kg sekarang di level Rp 35 ribu sampai Rp 37 ribu per kg," ungkapnya.

"Bawang putih tinggi dalam artian di atas harga normal sebelum lebaran. Walaupun kita tau juga HET yang keluar dari dirjen perdagangan harga normal sebelum lebaran tetap diatas HET," tuturnya.

BACA JUGA:Bawa Snapdragon 8 Gen 2, Segini Penawaran Terbaru Samsung Galaxy S23 Plus

Lanjut Wahyu Bekti Anggoro, KPPU secepatnya akan memanggil distributor-distributor bawang putih di Lampung untuk mengetahui sumber permasalahan harga yang stabil tinggi ini 

"Karena di Lampung tidak ada importir. Jadi kita perlu tahu walaupun kalau bicara stok itu cukup. Kita pengen tahu masalahnya apa bisa tinggi harganya," terangnya.

Sementara, Sugiarti pedagang besar bawang putih Toko Mulyono mengatakan, harga bawang putih dan merah saat bulan puasa terbilang normal.

Namun untuk bawang merah pasca lebaran sempat mengalami lonjakan, yang semula Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kg sempat menjadi Rp 65 ribu sampai Rp 70 ribu per kg. 

BACA JUGA:Pertemuan Dengan KJRI Hamburg, Ketua Umum Kadin Lampung Soroti Kasus Ferienjob

"Kemudian bawang putih saat ini pengambilan 31 ribu per kg (dari distributor, red). Kita jual keteng Rp 34 ribu sampai Rp 35 ribu per kg untuk pembelian sekitar 5 kg," ujarnya.

"Kalau pengambilan banyak kita bisa jual Rp 32,5 ribu sampai Rp 33 ribu per kg. Harga standarnya bawang putih biasanya Rp 30 ribu sampai Rp 31 ribu per kg," sambungnya.

Sedangkan Lusi pedagang eceran bawang putih di Pasar Tamin mengatakan, harga bawang putih yang dirinya jual Rp 45 ribu per kg.

Kata Lusi untuk harga bawang putih yang dirinya beli dari pedagang besar Rp 34 ribu per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: