Iklan Bos Aca Header Detail

Tak Perlu Rujuk ke Jakarta, RSUDAM Akan Lakukan Operasi Bedah Jantung Terbuka

Tak Perlu Rujuk ke Jakarta, RSUDAM Akan Lakukan Operasi Bedah Jantung Terbuka

RSUDAM Lampung akan operasi bedah jantung terbuka kepada dua pasien.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Medio tahun 2024 ini, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung kembali akan melakukan operasi bedah jantung terbuka atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG).

Operasi bedah jantung ini rencananya akan dilakukan pada Jumat, 31 Mei dan Sabtu 1 Juni 2024 mendatang pada dua orang pasien yang mengalami penyumbatan pembuluh darah jantung.

Pada hari pertama, operasi dilakukan kepada JU (61), jenis kelamin laki-laki, asal daerah Kota Bandar Lampung.

Kemudian, operasi kedua dilakukan kepada NJ (46), jenis kelamin perempuan, asal daerah Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:Wawancara Eksklusif dengan Try Sutrisno: Tantangan, Pandangan hingga Eksistensi BPIP Sebagai Pengawal Ideologi

Wakil Direktur Keperawatan, Pelayanan, dan Penunjang Medik RSUDAM Lampung dr. Imam Ghozali mengatakan, kedua pasien ini telah mengalami gangguan penyumbatan pembuluh darah jantung koroner.

Kedua pasien ini juga telah dilakukan tindakan kateterisasi jantung tetapi belum mengalami perbaikan yang signifikan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Sehingga dokter menyarankan diperlukan tindakan operasi bedah jantung atau yang dikenal masyarakat operasi jantung bypass.

Kata dr. Imam Ghozali, operasi bedah jantung terbuka ini akan dilaksanakan di ruang operasi jantung (MOT) RSUDAM Lampung dan pasien akan dirawat secara intensif pasca operasi di Ruang ICU Bedah Jantung.

BACA JUGA:Apa yang Dimaksud Pinjaman Lunak? Simak Cara Kerjanya

Menurut dr. Imam Ghozali, tindakan operasi bedah jantung terbuka ini RSUDAM masih tetap didampingi (proctorship) oleh tim bedah jantung dari RS Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta.

Di mana, tim bedah jantung RS Jantung Nasional Harapan Kita akan membawa dokter spesialis jantung, dokter spesialis bedah thorax, dokter spesialis anestesi konsultan, serta perawat dan penata anestesi yang mahir untuk tindakan ini.

"Mereka mendampingi tim bedah jantung RSUDAM yang dikomandani oleh dr. Riana Handayani, dr. Muhammad Danasha Utomo, dan dr. Putu Junita," ujar dr. Imam Ghozali melalui keterangan tertulisnya yang diterima Radarlampung.co.id, Rabu 29 Mei 2024.

Lanjut dr. Imam Ghozali, terlaksananya tindakan operasi jantung terbuka ini merupakan tindak lanjut dari program pengampuan layanan Kardiovaskular yang diterima RSUDAM dari Kementerian Kesehatan RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: