Tak Perlu Rujuk ke Jakarta, RSUDAM Akan Lakukan Operasi Bedah Jantung Terbuka

Tak Perlu Rujuk ke Jakarta, RSUDAM Akan Lakukan Operasi Bedah Jantung Terbuka

RSUDAM Lampung akan operasi bedah jantung terbuka kepada dua pasien.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

BACA JUGA:Gelombang Laut Tinggi, Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan Sementara

Serta dukungan yang tidak pernah surut dari Ketua Pengampuan Jejaring Rujukan Kardiovaskular dan Rujukan Nasional Kardiovaskular dr. Hananto Andriantoro dari Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita.

"Beliau selalu siap membantu agar RSUDAM maju dalam pelayanan Kardiovaskular di Provinsi Lampung dan mampu melayani masyarakat wilayah Sumbagsel," ucapnya.

Pada kesempatan ini, dr. Imam Ghozali juga menyampaikan bahwa RSUDAM telah melengkapi sarana dan prasarana untuk melaksanakan operasi bedah jantung terbuka ini.

Sehingga untuk penanganan ini rumah sakit hanya perlu pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia. Baik tenaga ahli jantung, bedah jantung maupun tenaga perawat dan nakes penunjang lainnya yang masih kurang jumlah dan kompetensinya.

BACA JUGA:Cara Mudah Berkurban Pakai BRImo, Simak Detilnya

"Dengan program pengampuan Kardiovaskular ini maka kita mendapatkan peralatan teknologi yang canggih untuk operasi bedah jantung terbuka dan dibantu kegiatan proctorship dari Kemenkes RI dan RS Jantung Nasional Harapan Kita. Maka kedepannya harapan bersama RSUDAM mampu melaksanakan kegiatan ini secara mandiri," ungkapnya.

Sementara, Direktur RSUDAM dr. Lukman Pura mengatakan, program pengampuan Kardiovaskular ini sangat besar manfaatnya bagi Provinsi Lampung.

Manfaatnya mulai dari membantu pasien dari Lampung yang seyogyanya dirujuk ke Jakarta. Namun, dapat ditangani di RSUDAM walaupun masih dengan dokter konsultan dari Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta.

Keuntungan yang kedua sebagai tempat alih keahlian dan pengetahuan dalam meningkat SDM di RSUDAM dalam penanganan operasi jantung dengan harapan tercapai ke depan RSUDAM dapat melakukan operasi jantung terbuka secara mandiri pada waktu yang sudah ditargetkan oleh Kemenkes RI dan RS Jantung Nasional Harapan Kita sebagai rumah sakit pengampu dari RSUDAM.

BACA JUGA:Siswi SMK di Mesuji Diduga Jadi Korban Pembunuhan, Ditemukan Meninggal di Parit

Yang mana, dr. Lukman Pura mengatakan, telah melaporkan hal ini kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.  

Dirinya menyampaikan bahwa Gubernur Arinal sangat mengapresiasi program pengampuan Kardiovaskular ini serta minta doa dan restu kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung untuk kelancaran dan keberhasilan operasi bedah jantung terbuka ini. 

Selain itu juga tercapai semua apa yang diharapkan dari tindakan operasi bedah jantung terbuka ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: