Iklan Bos Aca Header Detail

Picu Pemadaman Listrik, Ternyata Ini Penyebab Transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat Terganggu

Picu Pemadaman Listrik, Ternyata Ini Penyebab Transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat Terganggu

Ilustrasi pusat pembangkit listrik.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - PT PLN (Persero) mengungkap penyebab listrik padam selama lebih dari 24 jam di sebagian besar wilayah Sumatera Bagian Selatan pada Rabu, 5 Juni 2024.

Di mana, dampak gangguan transmisi SUTET 275 kV Lubuk Linggau-Lahat pada Selasa 4 Juni lalu menyebabkan 7 provinsi terjadi pemadaman listrik.

Masing-masing yaitu Sumatera Barat (Sumbar), Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Riau.

Mengatasi hal tersebut, PLN mengkaim telah telah melakukan langkah cepat untuk melakukan pemulihan blackout.

BACA JUGA:Literasi Keuangan Syariah BRI Life bersama UNILA, 'Prospek dan Tantangan Industri Keuangan Syariah Masa Kini'

Hanya memang, Humas PLN UID Lampung Darma Saputra mengungkapkan, transmisi Suttet 275 kv Lubuk Linggau-Lahat masih mengalami gangguan.

Menurutnya, Sutet 275 kv itu bukan jalur satu-satunya. Namun, jalur 275-500 itu disebut jalur tol listrik, daya kapasitas yang dilewati menyuplai beberapa daerah termasuk Lampung.

Ia pun lantas menggambarkan sedikit penyebab gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat.  

Ya, Darma menyebut, selama ini memang memakai jalur listrik tersebut, namun jika satu jalur itu saja melebihi kapasitas, faktor itu yang menjadi penyebab terjadi gangguan.

BACA JUGA:Universitas Teknokrat Indonesia Fasilitasi Penerapan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau

Ia pun mengakui bahwa gangguan listrik yang terjadi kini telah meluas ke Provinsi Sumatera Barat dan Riau. Namun tidak separah di Sumbagsel.

Ia melanjutkan, PLN kini telah melakukan berbagai langkah untuk memilihkan gangguan listrik padam yang terjadi.

"Di Lampung prosesnya sudah hidup sekitar 500.0000 pelanggan dan secara bertahap akan membaik, termasuk di Kota (Bandar Lampung) sudah hidup," ucapnya.

Saat ini pihaknya memulihkan blackout dengan mengoperasikan pasokan cadangan di PLTU Tarahan dan Sebalang; PLTP Ulu Belu; PLTA Way Besai; dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro di Semaka dan Waykanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: