Iklan Bos Aca Header Detail

Pemkab Lampung Barat Fokus Pencegahan Stunting di 262 Posyandu

Pemkab Lampung Barat Fokus Pencegahan Stunting di 262 Posyandu

Ilustrasi stunting.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar), Drs. Nukman, MM., menandatangani surat edaran (SE) bernomor: 050/596/IV.03/2024 tentang Intervensi serentak dan terfokus pencegahan stunting di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Nukman menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-10 Juni 2024 dengan kegiatan mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu.

Karenanya, diminta seluruh jajaran terkait pelaksanaan kegiatan 10 Pasti Intervensi Serentak Pencegahan stunting yakni memastikan pendataan seruruh Catin, Ibu Hamil, dan Balita yang ada diwilayah kerjanya untuk menjadi sasaran, memastikan seluruh Catin mendapatkan pendampingan serta memastikan kehadiran Ibu Hamil serta Balita datang ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Kemudian, memastikan ketersediaan alat antropometri terstandar di seluruh Posyandu, memastikan seluruh kader Posyandu memiliki keterampilan dalam pengukuran antropometri terstandar serta penyuluhan untuk Ibu Hamil dan Balita, memastikan pengukuran menggunakan alat antropometri terstandar.

BACA JUGA:Siapkan Balon Cawabup Pilkada 2024, DPD PAN Tanggamus Lampung Buka Peluang Koalisi Seperti Pilpres

Memastikan intervensi pada Ibu Hamil dan Balita yang bermasalah gizi. Memastikan seluruh Ibu Hamil dan Balita diberikan edukasi di Posyandu, memastikan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran serta intervensi ke dalam sistem informasi e-PPGBM di hari yang sama.

"Memastikan dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan intervensi serentak dan memastikan ketersediaan pembiayaan pelaksanaan intervensi serentak termasuk rujukan kasus ke fasilitas kesehatan," ungkapnya.

Lanjutnya, sehubungan dengan ditemukan kasus balita stunting saat pelaksanaan Intervensi Serentak dan Terfokus Pencegahan Stunting maka langsung diberikan intervensi spesifik berupa pemberian telur sebanyak 2 Kg yang dilanjutkan dalam waktu minimal selama 3 bulan.

Khusus kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk berkoordinasi, sinkronisasi, pengendalian, pengawalan, persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi intervensi serentak dan terfokus pencegahan stunting, Diseminasi hasil intervensi serentak dan terfokus.

BACA JUGA:Cegah Intoleransi Radikalisme, FKPT Lampung Gelar Festival Budaya

Dukungan Komitmen Perangkat Daerah untuk pemantauan dan evaluasi intervensi serentak dan terfokus, dimana Dinas Kesehatan untuk menyusun penanggung jawab dari unsur kesehatan b. Mengecek ketersediaan dan kelayakan alat antropometri sesuai standar.

Memastikan kader posyandu memiliki kompetensi dasas. Memastikan rujukan kasus. Validasi status gizi dan penanganan balita tidak naik berat badan, balita berat badan kurang, ibu hamil KEK dan anemia.

Pencatatan dan monitoring harian sasaran, Analisis hasil intervensi serentak. Mengambil data penimbangan dan pengukuran, Intervensi spesifik.

Lalu,  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPA) untuk Sosialisasi di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Pekon/Kelurahan, Mendorong sasaran dari BKB ke Posyandu, peningkatan kapasitas kader BKB, Fasilitasi penanganan masalah,  Monitoring pelaksanaan dan evaluasi di kecamatan dan pekon/kelurahan, dan melakukan intervensi serentak dan terfokus sesuai tugas dan fungsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: