Iklan Bos Aca Header Detail

Wujudkan Kota Berbudaya, Kota Metro Diusulkan Rancang Roadmap Kota Pusaka

Wujudkan Kota Berbudaya, Kota Metro Diusulkan Rancang Roadmap Kota Pusaka

Rumah informasi sejarah Kota Metro-Dokumentasi istimewa-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Metro komitmen untuk mewujudkan visi Kota Metro sebagai kota berbudaya.

Apalagi, Metro juga menjadi kota pertama di Lampung yang mempunyai Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), dan menerbitkan perda serta perwali mengenai pelestarian cagar budaya.

Tak hanya itu, di satuan pendidikan di Kota Metro ada kurikulum sejarah lokal dan cagar budaya.

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, Pemkot Metro sendiri telah menetapkan tujuh cagar budaya. Di mana, tiga cagar budaya telah direvitalisasi oleh partisipasi dan peran berbagai kalangan.

BACA JUGA:Mau Bangun Perumahan di Kota Metro? Patuhi Kewajiban Ini

Tiga cagar budaya tersebut ialah Dokterswoning yang saat ini menjadi Rumah Informasi Sejarah, Rumah Asisten Wedana Metro, dan Museum Mini Santa Maria.

Wahdi menuturkan, upaya yang telah dilaksanakan terhadap cagar budaya tersebut berdasarkan dari RPJMD Kota Metro 2021-2026.

"Mari bersama-sama menjadikan warna budaya dan sejarah ini sebagai cerita yang terus abadi untuk generasi selanjutnya," ujarnya.

Kepala Disdikbud Metro Suwandi menyampaikan, pihaknya pun telah merancang kurikulum sejarah lokal dan cagar budaya mulai tahun ajaram 2023 lalu.

BACA JUGA:Disebut Partainya Anak Muda, Iqbal Berharap Arungi Pilwakot Bandar Lampung Bersama PSI

"Kalau dari tupoksi kamu, selain di Metro mempunyai kurikulum sejarah lokal dan cagar budaya, kita juga menerapkan kebijakan wajib kunjung. Kebijakan untuk diperuntukkan bagi satuan pendidikan di lingkungan Pemkot Metro, khususnya tingkat SD dan SMP," ungkapnya.

Menurutnya, melalui kebijakan mengenai kunjungan ke cagar budaya, jumlah pengunjung ke cagar budaya dapat meningkat drastis. Dengan harapan, untuk kedepannya mampu menarik wisatawan dari luar Kota Metro.

"Sekolah pun dapat menjadwalkan kunjungan ke cagar budaya yang ada di Kota Metro. Itu juga langkah untuk memperkenalkan sejarah perkembangan Kota Metro ke peserta didik," kata Suwandi.

Sementara itu, Heri Widarto dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Metro menambahkan, dilihat dari perkembangan dan geliat cagar budaya yang cukup pesar, sudah saatnya Metro merancang road map menuju Kota Pusaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: