Iklan Bos Aca Header Detail

Sambut Kedatangan Jemaah Haji, Samsudin: Semoga Dapat Menjadi Tauladan

Sambut Kedatangan Jemaah Haji, Samsudin: Semoga Dapat Menjadi Tauladan

Pj Gubernur Lampung Samsudin bersama Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo bersama jajaran sambut kedatangan jamaah haji Lampung kloter pertama.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

BACA JUGA:Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2016 di Pringsewu, Rembuk Desa Solusi Cegah Konflik Hukum di Desa

Sementara, Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo dalam sambutannya melaporkan jumlah jamaah haji Lampung total 7.301 jamaah.

Rinciannya, 7.135 jamaah, 95 petugas kloter, dan 46 petugas haji daerah. Ada 1.598 jemaah lansia dan 296 jemaah menggunakan kursi roda.

"Tahun ini ada 25 jemaah yang batal atau tunda keberangkatan. Rinciannya 4 orang meninggal dunia sebelum berangkat, 6 orang sakit sebelum masuk asrama, 11 orang sakit setelah masuk asrama, dan lainnya 4 orang," ungkapnya.

Kata Puji Raharjo tahun ini jemaah haji Lampung tergabung di dalam 19 kloter yang terbagi dari 10 kloter gelombang pertama dan 9 kloter gelombang kedua.

BACA JUGA:Institut Al Ma'arif Way Kanan Gelar Wisuda Angkatan XI Tahun 2024

Periode kepulangan jemaah haji Lampung gelombang pertama dari 22 Juni sampai 3 Juli 2023 dan gelombang kedua dari 4 Juli sampai 21 Juli 2024.

Disampaikan Puji Raharjo, kloter pertama atau kloter 3 JKG yang tiba pada Minggu 23 Juni di Asrama Haji Rajabasa ada 387 dari Bandar Lampung, 2 jamaah tanazul dari Way Kanan, dan 3 dari DKI Jakarta.

"Sejauh ini ada 6 jemaah haji Lampung yang meninggal dunia di tanah suci. Dari Lampung Timur 2 orang, Bandar Lampung 2 orang, Tanggamus 1 orang, dan Tulang Bawang Barat 1 orang," ungkapnya.

"Mari kita doakan semoga jamaah haji yang meninggal dunia, baik sebelum berangkat maupun yang meninggal dunia di tanah suci diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT," sambungnya.

BACA JUGA:Gelar Kuliah Umum, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pengertian Leadership dan Manajemen

Puji Raharjo juga melaporkan kondisi jemaah haji Lampung yang saat ini masih berada di tanah suci dalam kondisi sehat. 

Saat ini jemaah haji gelombang pertama sudah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan bersiap menunggu jadwal kepulangan.

Sedangkan jemaah haji gelombang kedua menunggu jadwal keberangkatan menuju Kota Madinah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: