Iklan Bos Aca Header Detail

Cerita Perjalanan Rafly, Mahasiswa Unila Jalani Program MSIB di Dinas PUPR Bengkulu

Cerita Perjalanan Rafly, Mahasiswa Unila  Jalani Program MSIB di Dinas PUPR Bengkulu

Cerita Perjalanan Rafly, Mahasiswa Unila Jalani Program MSIB di Dinas PUPR Bengkulu. Foto Universitas Lampung--

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Rafly Albin Farid Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) dari Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika Angkatan 2021 berhasil lolos Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) Batch 6.

Rafly, menjalani program magang di Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Dinas PUPR Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu.

BACA JUGA:Mantap! Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Polda Lampung Capai 88,7 Persen

Selama enam bulan magang, Januari hingga Juni 2024, Rafly aktif berpartisipasi dalam penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR).

Tugasnya, mencakup persiapan review data, Digitalisasi bangunan, Perbaikan peta, Survey Lapangan dan Pembuatan peta dasar menggunakan teknologi Geographic information System (GIS).

"Pengalaman ini memberi saya pemahaman mendalam tentang proses penyusunan RDTR dan bekerja dalam tim multidisiplin,"ungkap Rafly.

BACA JUGA:RSUD Abdul Moeloek Provinsi Lampung Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-9 Radar Lampung Online

Rafly mengungkapkan, tantangan utama selama magang adalah persaingan ketat, adaptasi dengan lingkungan kerja baru, serta menjaga keseimbangan antara tugas magang dan akademik.

"Pahami persyaratan dan proses seleksi, isi dokumen aplikasi dengan cermat, dan sampaikan motivasi dengan jelas," ucap Rafly.

Selain itu, Rafly terlibat dalam pengabdian masyarakat dengan membantu meningkatkan kualitas tata ruang dan pemberdayaan masyarakat lokal.

BACA JUGA:PT Wahana Raharja (Perseroda) Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-9 Radar Lampung Online

Beberapa kontribusi yang dilakukan antara lain membantu meningkatkan kualitas tata ruang, melakukan pemberdayaan masyarakat lokal, berbagi pengetahuan terkait teknologi informasi dan sistem informasi geografis.

Serta, untuk mengidentifikasi potensi ekonomi lokal. Semua kegiatan itu bertujuan untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Program MSIB ini memberikan pengalaman berharga bagi Rafly. Ia mendapatkan pemahaman mendalam tentang proses penyusunan RDTR, kerja dalam tim multidisiplin, dan interaksi langsung dengan masyarakat lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: