Iklan Bos Aca Header Detail

Kinerja Pantarlih di Metro Disorot Bawaslu

Kinerja Pantarlih di Metro Disorot Bawaslu

Ilustrasi kpu--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro berikan sejumlah saran untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro terkait tahapan coklit.

Pasalnya, ditemukan sejumlah temuan atas kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), dan meminta KPU untuk segera perbaiki kinerja petugas Pantarlih.

Kordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan dan partisipasi masyarakat (Parmas) Bawaslu Kota Metro, Hendro Edi Saputro mengatakan, ada sejumlah saran yang diberikan untuk memperbaiki kinerja petugas pantarlih.

"Ada beberapa temuan dari hasil pengawasan dan uji petik, serta patroli kawal hak pilih mengenai proses coklit ini. Temuan itu kami tindaklanjuti dengan rekomendasi, dan saran perbaikan," ucapnya.

BACA JUGA:Duh, Ada Permainan dalam Pengadaan dan Penyaluran Bansos di Lampung Selatan, Pengurus Srikandi Terlibat?

Saran yang diberikan tersebut, lanjutnya, antara lain Bawaslu menyarankan KPU untuk memperingati Pantarlih supaya mencoklit warga secara langsung.

Kemudian, tim juga menemukan petugas pantarlih tidak menggunakan atribut lengkap saat melakukan coklit.

"Ada juga memang yang tidak menggunakan atribut lengkap saat melakukan coklit," kata dia.

Kemudian, lanjutnya, terdapat kartu keluargA yang tidak tercoklit, tetapi ditempeli stiker.

BACA JUGA:M. Firsada Terima Penghargaan Satya Lencana Bhakti Inovasi Desa dari Menteri Desa

"Kami juga menemukan KK yang sudah dicoklit tapi tidak ditempeli Stiker. Kami juga meminta masyarakat untuk bisa menunjukkan KTP saat dicoklit," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, sejumlah temuan yang ditemukan oleh tim, diantaranya Stiker Coklit yang tidak terisi.

"Lalu juga ditemukan pemilih yang sudah berusia 17 tahun, tapi tidak tercoklit. Pemilih yang identitasnya tidak sesuai dengan daftar pemilih, itu ada juga," terangnya.

Hendro menuturkan, pihaknya saat ini fokus terhadap pemutakhiran data pemilih. Pihaknya juga akan fokus untuk meciptakan kondusifitas pelaksanaan Pilkada, dan upaya untuk pencegahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: