Iklan Bos Aca Header Detail

Tim Pengabdian Unila Beri Pemanfaatan IoT dalam Sistem RAS di Pokdakan Bintang Rosela Jaya, Pringsewu

Tim Pengabdian Unila Beri Pemanfaatan IoT dalam Sistem RAS di Pokdakan Bintang Rosela Jaya, Pringsewu

Foto bersama usai pemberian pemahaman mengenai pemanfaatan IoT dalam RAS. Foto Tim PKM Unila--

Oleh :

Munti Sarida, Ph.D (Ketua Tim)

Dr. Agus Setyawan  (Anggota Tim)

Wahyu Eko Sulistiono, S.T., M.Sc (Anggota Tim)

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Potensi sektor perikanan di Kabupaten Pringsewu menunjukkan peluang yang signifikan untuk dikembangkan lebih lanjut.

Terutama, di Kecamatan Pagelaran yang memiliki produksi ikan air tawar tertinggi dan rumah tangga perikanan budidaya terbanyak. 

Meskipun demikian, kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Bintang Rosela Jaya di Desa Patoman menghadapi kendala berupa menurunkan kualitas air selama budidaya ikan lele, yang menyebabkan kegagalan panen dan kerugian besar. 

Kendala ini mencakup masalah pH air, tingginya kandungan amonia, serta minimnya pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen kualitas air dan kesehatan ikan. 


Pemanfaatan Teknologi Internet of Things (loT) dalam Sistem Resirkulasi Akuakultur untuk Meningkatkan Kualitas Air Kesehatan Ikan Lele di Pokdakan Bintang Rosela Jaya, Pringsewu. Foto Tim PkM Unila.--

Untuk membantu Pokdakan ini, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila), dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan yang mengusung tema "PKM Teknologi Internet of Things dalam Aplikasi Recirculating Aquaculture System (RAS) untuk Pengelolaan Kualitas Air dan Kesehatan Ikan Lele Pada Pokdakan Bintang Rosela Jaya di Desa Patoman, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung".

Dengan tujuan membantu Pokdakan mengatasi tantangan tersebut.

BACA JUGA:Survei Kinerja Wali Kota Wahdi Siradjudin, Tingkat Kepuasan Warga Metro Hanya 51,9 Persen

BACA JUGA:DPMPTSP Metro imbau UMKM makanan kemasan kantongi izin BPOM

Kegiatan ini didukung oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: