Iklan Bos Aca Header Detail

Dosen dan Mahasiswa ITERA Beri Edukasi Mengenai Tanaman Obat Sebagai Bahan Masakan

Dosen dan Mahasiswa ITERA Beri Edukasi Mengenai Tanaman Obat Sebagai Bahan Masakan

Dosen dan mahasiswa ITERA memberikan edukasi mengenai tanaman obat sebagai bahan masakan. Foto Tim Pengabdian Itera--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dosen dan mahasiswa Program studi Kimia, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) telah melakukan pengabdian kepada masyarakat mengenai Pemberian edukasi mengenai tanaman obat keluarga (Toga) dan pemanfaatannya dalam masakan.

Pengabdian kepada masyarakat bertajuk "Pelatihan Pembuatan Makanan berkhasiat Obat khas Suku Gayo (Cecah Benyet/Menet) Kepada Kelompok PKK RT 2 RW 2 Desa Patoman, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu" ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2024 di Desa Patoman.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat di Desa Patoman melalui edukasi pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai bumbu masak berkhasiat.  

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh 22 anggota PKK, yang sangat antusias mengikuti rangkaian acara.

Perwakilan kelompok PKK Desa Patoman, Mariyati, menyampaikan harapan kegiatan edukasi semacam ini dapat terus berlanjut karena sangat bermanfaat untuk masyarakat.  

BACA JUGA:Gratis Tiket Masuk, Cek Jadwal Operasional Kebun Raya Itera, Rekreasi Sambil Main Sepeda

BACA JUGA:Wisuda Periode 19, Itera Buat Persembahan Khusus untuk Palestina

Selama kegiatan berlangsung, para peserta  terlibat secara aktif dalam berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Mewakili Koordinator Prodi Kimia, Dosen Program Studi Kimia Itera, Dr. Mariyam, M.Sc, menyampaikan  bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bagian Tri Dharma perguruan tinggi untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Seperti, pemaparan materi oleh Dr. Hawa Purnama Celala Ari Cane, S.Si dan praktik langsung pemanfaatan TOGA dalam masakan cecah benyet.  

Dr. Hawa Purnama Celala Ari Cane, S.Si, selaku pemateri sekaligus ketua Tim PkM menyampaikan berbagai jenis TOGA yang ada di sekitar masyarakat dan manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan TOGA tersebut. 

Dalam pemaparannya Dr. Hawa Purnama Celala Ari Cane, S.Si menyebutkan bahwa sebetulnya masyarakat sudah memanfaatkan TOGA namun belum banyak disadari.  

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Edukasi di Kebun Raya Itera, yang Bisa Jadi Tempat Liburan Sambil Belajar

BACA JUGA:Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-9 Radar Lampung Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: