RMD Header Detail

Program B2SA Dorong KWT Pesawaran Andil dalam Penanganan Stunting dan Kemandirian Pangan

Program B2SA Dorong KWT Pesawaran Andil dalam Penanganan Stunting dan Kemandirian Pangan

--

BACA JUGA:Dosen Universitas Aisyah Pringsewu Gelar PKM di IGTKI Pesawaran

"Oleh karenanya, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman dalam konsumsi sehari-hari," ujar Nanda.

Nanda juga meminta para anggota KWT untuk dapat mengaktualisasikan peran dan fungsinya di bidang pertanian, dengan memanfaatkan semaksimal mungkin lahan pekarangan menjadi lahan produktif dan berdaya guna untuk kepentingan masyarakat dan kesehatan keluarga.

Dengan adanya bantuan bibit dan alat pendukung pertanian ini, Nanda berharap agar anggota KWT dapat memanfaatkan secara maksimal.

“Bantuan ini adalah stimulan dan tentu ini dilakukan secara bertahap. Kami berharap setelah menerima bantuan, KWT dapat berkembang secara mandiri,” katanya.

BACA JUGA:Benjamin Netanyahu Didemo Puluhan Ribu Warga Israel, Ini Penyebabnya

Tim Penanganan Stunting Kabupaten Pesawaran Rahmadhoni menyebut, B2SA merupakan salah satu program yang patut disambut baik dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran.

Melalui pemberdayaan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, pekarangan-pekarangan rumah menurutnya dapat dimanfaatkan untuk menanam beragam kebutuhan pangan guna menunjang pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting.

Pemenuhan gizi yang baik dan seimbang menurutnya menjadi salah satu aspek penting dalam upaya pengentasan stunting.

"Program ini berkaitan dengan bentuk konvergensi terhadap semua OPD, saya kira program ini sangat baik dan harapannya tentu OPD bisa meminta dukungan bekerja sama dengan pihak ketiga melalui program CSR," ujar Rahmadhoni.

BACA JUGA:Menteri Perdagangan RI Ajak Mahasiswa Lihat Peluang Usaha dengan Sistem Elektronik

Selain membentuk kemandirian pangan melalui pemberdayaan KWT, Rahmadhoni menyebut, Pemkab Pesawaran juga telah bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional RI dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) Provinsi Lampung dalam peluncuran Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk siswa (Genius) untuk 600 siswa Sekolah Dasar (SD).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pangan bergizi, serta meningkatkan status gizi guna menyiapkan generasi unggul menuju Indonesia emas 2045.

"Adapun hasil yang diperoleh berdasarkan survei SKI, angka prevalensi stunting Kabupaten Pesawaran turun 15,1% dari angka 25,1 % ditahun 2022 menjadi 10 persen di tahun 2023," ujar Rahmadhoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: