Sebelum Lebaran, Siltap Aparatur Desa di Pesawaran Dijanjikan Cair

Sebelum Lebaran, Siltap Aparatur Desa di Pesawaran Dijanjikan Cair

Foto ilustrasi uang. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pesawaran Nur Asikin buka suara terkait pencairan siltap.  

Nur Asikin mengatakan bahwa pencairan siltap November 2023 dicairkan pada Januari 2024. Sementara Desember 2023, Januari hingga Maret 2024 belum cair dan segera diusulkan ke keuangan.

“Untuk kebutuhan anggaran siltap mencapai sekitar Rp 6,054 miliar. Dari 148 desa di Pesawaran yang cair satu bulan untuk siltap bulan Nomvember 2023 sebanyak 125 desa dan 23 belum mengusulkan pencairan," sebutnya.

"Kita sudah koordinasi dengan bagian keuangan, mudah-mudahan sebelum lebaran bisa pencairan. Saya berharap juga temen-temen desa aktif segera menyelesaikan laporan realisasi penggunaan DD dan ADD sehingga pengajuan segera diusulkan,” sambung Nur Asikin.

BACA JUGA:Pj. Bupati Tanggamus Lampung Serahkan Bantuan Dana Hibah Pembangunan Masjid dan Musala

Terpisah, Kepala BPKAD Pesawaran Yosa Rizal menambahkan, pembayaran siltap akan dilaksankan secara bertahap.

Sebelum lebaran direncanakan cair untuk satu bulan, dan seterusnya mengikuti bulan berjalan.

“Saat sudah ada anggaran, kita langsung salurkan secara bertahap. Termasuk kita menunggu Dana Bagi Hasil (DBH) dari provinsi," ucapnya.

"Bagi desa yang sudah usulkan dan berkasnya lengkap, maka 26 Maret ini sudah mulai bisae dicairkan,” sambungnya. 

BACA JUGA:Waspada! Penipu Catut Nama Kajati Lampung

Diketahui, sudah 4 bulan yakni Desember 2023, Januari, Februari dan Maret penghasilan tetap (siltap) yang bersumber dari APBD bagi aparatur desa di 148 desa se Pesawaran tidak cair.

Salah satu kepala desa di Pesawaran yang namanya enggan disebutkan mengatakan bahwa saat ini aparatur desa belum gajian selama 4 bulan.

"Iya kasihan mas, aparat desa hingga saat ini belum gajihan. Mana ini udah mau lebaran,” ungkapnya. 

Sementara, Ketua APDESI Pesawaran Hermansyah mengatakan bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait siltap perangkat desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: