Apa Kabar Kapal Dalom Lintas Berjaya Milik Pemprov Lampung?

Apa Kabar Kapal Dalom Lintas Berjaya Milik Pemprov Lampung?

Ilustrasi kapal Dalom Lintas Berjaya milik Pemprov Lampung akan layani penyebrangan eksekutif Bakauheni-Merak-Foto : Instagram asdp.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pembangunan Kapal milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bernama Dalom Lintas Berjaya masih berproses.

Progres pembangunan kapal yang diproyeksi melayani penyebaran di Pelabuhan Eksekutif Bakauheni-Merak tersebut telah mencapai 75 persen.

Direktur Utama PT. Lampung Jasa Utama (LJU), Arie Sarjono mengatakan, Kapal Dalom Lintas Berjaya diperkirakan rampung dikerjakan di galangan kapal yang ada di China pada awal 2025 mendatang.

Setelah rampung, kata Arie Sarjono, Kapal Dalom Lintas Berjaya akan dikirim dari China ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

BACA JUGA:Polisi Berhasil Gagalkan Upaya Percobaan Bunuh Diri Pria Paruh Baya di Bandar Lampung

Setelah tiba di Tanjung Priok, Kapal Dalom Lintas Berjaya akan dilakukan finishing san finishing terhadap ornamen di dalamnya dengan dihiasi ornamen Lampung.

"Progresnya sekarang sudah 75 persen, diperkirakan memang tidak di akhir tahun ini tapi di awal tahun 2025 baru dikirim dari China ke Tanjung Priok dan di sana baru finishing terhadap ornamen didalem nya dan settingan desain," ujar Arie Sarjono, Jum'at 4 Oktober 2024.

Lanjut Arie Sarjono, setelah kapal tiba di Indonesia, pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan serta kelengkapan hingga kapasitas penumpang dari kapal tersebut. 

"Kita akan sama-sama cek berapa kapasitasnya hingga kecepatannya. Kita juga lagi buat agar jarak dan waktu yang ditempuh sama namun irit bahan bakar," ucapnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Lampung Didampingi Pj Bupati Tanggamus Resmikan TPI Higienis di Pelabuhan Perikanan Kota Agung

Nantinya, disampaikan Arie Sarjono Kapal Dalom Lintas Berjaya akan dioperasionalkan oleh PT. Trans Lampung Utama yang merupakan anak usaha dari PT. LJU. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, jika kapal tersebut memiliki kapasitas di atas 5.000 GT yang direncanakan bisa menampung 150 kendaraan.

"Kapal ini akan diberi nama Dalom Lintas Berjaya, kapasitas besar lebih besar dari Kapal Legundi. Dan kapal ini akan bernuansa Lampung di semua ruangan, kalau bisa ada ruang untuk bisa mengadakan kegiatan disana," ungkapnya.

Kata Bambang Sumbogo, melalui pengelolaan tersebut, maka Pemprov Lampung akan memiliki bisnis penyeberangan dan kapal penyeberangan sendiri untuk melayani penyeberangan rute Bakauheni-Merak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: