Malam Ini, Tarif Baru Ruas Tol Terpeka Mulai Diberlakukan, HK Beri Diskon 30 Persen Selama Masa Penyesuaian

Malam Ini, Tarif Baru Ruas Tol Terpeka Mulai Diberlakukan, HK Beri Diskon 30 Persen Selama Masa Penyesuaian

Ilustrasi jalan tol. -Foto Dok. Hutama Karya -

RADARLAMPUNG.CO.ID - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akhirnya akan memberlakukan tarif baru pada Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), setelah pemberitahuan beberapa waktu lalu.

Ya, tarif baru jalan tol Terpeka bakal mulai diberlakukan malam hari ini, Kamis, 17 Oktober 2024, pukul 22.00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, penyesuaian tarif ini sejalan dengan Surat Keputusan Menteri PUPR No. 2420/KPTS/M/2024 dan sejalan dengan ketentuan Pasal 48 UU No. 2/2022 tentang Jalan.

Di mana, berdasarkan SK tersebut, tarif tol perlu disesuaikan secara berkala setiap dua tahun. 

BACA JUGA:Modus Jadikan Kekasih dan Ingin Menikahi, Pria di Tulang Bawang Nodai Pelajar Usia 12 Tahun 3 Kali

“Ini adalah penyesuaian tarif pertama sejak jalan tol ini mulai beroperasi pada tahun 2020, sementara volume trafik kendaraan dan biaya perawatan terus meningkat,” jelas Adjib.

Lebih lanjut, Adjib menyampaikan bahwa penyesuaian tarif ini tidak hanya penting untuk menjaga kondisi infrastruktur yang optimal, tetapi juga berperan vital dalam mempertahankan iklim investasi yang kondusif demi keberlanjutan jalan tol. 

Jalan Terpeka dibiayai melalui skema pendanaan yang melibatkan investasi dari pemerintah dengan total nilai investasi yang sangat besar.

Investasi ini memungkinkan pembangunan infrastruktur berkualitas tinggi, namun untuk menjamin keberlanjutannya, diperlukan pengembalian investasi yang sesuai. 

BACA JUGA:Lepas Posisi Warek III, Ana Gustiana Dilantik Jadi Dekan FISIP Bersama M. Fakih Dekan FH Unila

Selain memberlakukan tarif baru, Hutama Karya juga akan memberikan diskon tarif selama dua bulan pertama. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi pengguna jalan tol menyesuaikan terhadap tarif baru yang diberlakukan. 

"Pada bulan pertama, potongan tarif sebesar 30% akan diberlakukan yang dimulai pada Kamis (17/10) pukul 22.00 WIB hingga (17/11) pukul 22.00 WIB. Sedangkan pada bulan kedua akan diberlakukan diskon sebesar 15% dari tarif baru," ujarnya.

Dengan penerapan diskon ini, pihaknya berharap dapat terus memberikan kenyamanan, keamanan, dan kelancaran perjalanan para pengguna Tol Terpeka, sembari memastikan keberlanjutan investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan infrastruktur yang lebih baik.

Adapun berikut besaran tarif baru beserta tarif diskon 30% pada bulan pertama dan tarif diskon 15% pada bulan kedua, yang akan diterapkan di Jalan Tol Terbanggi Besar–Kayu Agung:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: