Kerap Marak Aktivitas Pertambangan Emas, Lahan Tambang di Way Kanan Mendadak Sepi Saat Dirazia

Kerap Marak Aktivitas Pertambangan Emas, Lahan Tambang di Way Kanan Mendadak Sepi Saat Dirazia

(Foto Ist. For Radarlampung.co.id)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Aktivitas diduga pertambangan emas liar di Way Kanan berjalan bertahun-tahun.

Akibat dugaan pembiaran, pertambangan emas lantas menjadi salah satu alternatif masyarakat setempat menyambung hidup bahkan untuk melanjutkan pendidikan anak-anak.

Terlebih di masa sulit seiring munculnya pandemi yang mebuat harga produksi petani kian turun sementara kebutuhan semakin meningkat. 

Hasil investigasi di lapangan, meski kebanyakan penambangan emas liar diduga dibekingi oknum dan pemodal tertentu, tetap saja para pekerjanya adalah orang-orang lokal dari Way Kanan. Meseki beberapa ada yang dari luar daerah. 

BACA JUGA:Pengakuan Mengejutkan Kamaruddin Simanjuntak Terkait Brigadir Yosua, Bikin Shock

Kamis 11 Agustus 2022, mencuat info akan dilaksanakan razia gabungan secara besar-besaran dengan melibatkan institusi, Polri, TNI, dan polisi pamong praja.

Akan tetapi, tidak menghasilkan apa-apa melainkan hanya mendapati lokasi yang sudah kosong karena informasi tersebut telah bocor. 

Operasi yang dipimpin Kabag Ops Polres Way Kanan tersebut nihil, dan hanya mendapati lokasi tambang yang sudah porak-poranda.

Lokasi yang porak-pora tersebut dikatakan berada di tengah perkebunan karet milik PTPN 7 Blambangan Umpu yang terletak di antara Kampung Negeri Baru Blambangan Ampuh dan Kampung Karang Umpu. 

BACA JUGA:Usut Lagi Tragedi KM 50 Sempat Trending di Twitter Jadi Perhatian Wakil Ketua MPR RI

Sasaran razia tersebut sepanjang jalan tengah Sumatera dan daerah sekitar Kelurahan Blambangan Umpu.

Razia tersebut tak menemukan satu orang pun penambang emas yang ada di lokasi tambang, berbeda dengan hari-hari sebelum diberitakan media.

Ya, kerap terpantau diduga penambang emas liar berlomba merusak lahan negara tanpa takut, yang mana lokasi penambangan hanya ratusan meter dari Mapolsek Blambangan Umpu. Pun hanya sekitar 3-4 kilometer dari Polres Way Kanan. 

Terpisah, Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna saat dikonfirmasi menegaskan bahwa pihaknya akan menggelar pers rilis siang ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: