Siapkan Musrenbang Kabupaten, Pemkab Tubaba Gelar Rapat Forum Perangkat Daerah

Rabu 26-02-2020,17:04 WIB
Editor : Anggri Sastriadi

radarlampung.co.id - Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar Rapat Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021. Rapat yang dipimpin langsung oleh Sekdakab Tubaba Herwan Sahri, SH., M.AP itu berlangsung di Ruang Rapat Sekda, Lantai II Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tubaba, Rabu (26/2/2020). Rapat tersebut dihadiri Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Inspektur, dan seluruh anggota tim penyusun RKPD Tubaba Tahun 2021.

Rapat pembahasan penyusunan RKPD Tubaba tersebut diawali dengan pemaparan target dan realisasi sasaran makro Kabupaten Tubaba yang meliputi Pertumbuhan Ekonomi; Tingkat Kemiskinan; Tingkat Pengangguran Terbuka; Indeks Pembangunan Manusia; Rasio Gini; Inflasi; Pendapat Perkapita.\"Capaian sasaran makro ini menjadi salah satu poin penting sebagai dasar penyusunan rencana untuk pembangunan Kabupaten Tubaba pada tahun selanjutnya,\"ungkap Herwan Sahri, Sekdakab Tubaba.

Sekda juga menjelaskan, bahwa Kabupaten Tubaba memiliki lima program prioritas daerah yaitu: Pembangunan infrastruktur yang berkualitas; Pembangunan SDM yang berkarakter melalui peningkatan aksesbilitas dan kualitas pelayanan dasar; Pemberdayaan Masyarakat melalui pengembangan ekonomi rakyat; Pengembangan ekowisata dan pelestarian budaya; serta Reformasi birokrasi.\"Yang jelas, perencanaan pembangunan di daerah sebaiknya juga memperhatikan prioritas pembangunan nasional dan provinsi, agar terbentuk sinergi antara dokumen perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,\"tandasnya. 

Sementara itu, Asisten bidang Pengembangan Ekonomi Pemkab Tubaba Drs. Lekok, MM saat dihubungi wartawan melalui telepon  menjelaskan, bahwa rapat tersebut guna merumuskan program-program prioritas Kabupaten Tubaba tahun 2021.\"Intinya itu Rapat Forum SKPD yang merumuskan program prioritas Kabupaten menyangkut lintas sektor, bagaimana antar SKPD bisa saling bersinergi sehingga programnya fokus dan terarah,\" ulasnya.

\"Kemudian selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan Musrenbang tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang,\"tutupnya. Didasari program prioritas daerah dan sinergitas dengan program nasional, tema RKPD Kabupaten Tubaba Tahun 2021 adalah Membangun Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, Berdaya Saing,\" ungkapnya. (fei/ang)

Tags :
Kategori :

Terkait