Analisis Geologi Gempa Bumi di Cianjur, Simak Penjelasannya..

Jumat 25-11-2022,22:00 WIB
Reporter : Ajeng Monika Selis
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kabar duka tengah menimpa tanah air lantaran telah terjadi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin kemarin, 21 November 2022.

Dilansir Radarlampun.co.id dari akun media sosial Instagram dan Twitter resmi milik Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Gefisika pada Kamis, 24 November 2022 kemarin.

BMKG menyebutkan bahwa lokasi pusat gempa bumi yang merusak beberapa wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat tersebut. Terletak di darat tepatnya di koordinat 107,05 Bujur Timur dan 6,4 Lintang Selatan.

Lokasi gempa bumi tersebut berjarak sekitar 9,65 kilometer Barat Daya Kota Cianjur atau 16,8 kilometer Timur Laut Kota Sukabumi.

BACA JUGA:Simak, Deretan Maskot Piala Dunia Selama 20 Tahun Terakhir

Adapun magnitudo gempa bumi di Cianjur yang tercatat oleh BMKG sebesar 5,6 SR pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Menurut data yang diterima BMKG, guncangan gempa bumi yang dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur berada pada skala V-VI MMI (Modified Mercalli Intensity).

Sedangkan menurut data dari Badan Geologi Pusat, sebaran pemukiman warga yang terkena guncangan gempa. Terletak pada Kawasan Rawan Bencana atau KRB dengan intensitas gempa bumi tinggi.

Meski gempa bumi tersebut tidak menyebabkan tsunami karena lokasi pusat gempa yang tidak dekat dekat laut. Namun masyarakat tetap dihimbau untuk tetap tenang dengan cara mengikuti arahan serta terus meng-update informasi dari petugas BPBD setempat.

BACA JUGA:Prediksi Skor Akhir Pertandingan Uruguay vs Korea Selatan di Piala Dunia 2022 Qatar

Selain itu, para penduduk setempat juga dihimbau agar tidak terpancing oleh isu-isu tidak bertanggung jawab memberikan informasi tidak valid mengenai gempa bumi di wilayah terkait.

Para penduduk juga dihimbau agar mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti tenda pengungsian yang telah disediakan oleh BPBD, sebagai langkah pencegahan korban jika ada gempa susulan.

Di sisi lain, Badan Geologi bersama tim Gerakan Tanah dan Gempa Bumi PVMBG juga turut menanggapi kejadian pasca gempa Cianjur. Sebagai upaya survei dan pengolahan data untuk mengidentifikasi terkait penyebab dan dampak berkelanjutan setelah gempa.

Dirangkum Radarlampung.co.id dari akun media sosial Instagram  @kabargeologi millik Badan Geologi Pusat pada Kamis, 24 November 2022.

BACA JUGA:Prediksi Pemain Timnas Uruguay vs Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Kategori :