Kurban di Tubaba Ditargetkan Tahun 2023 Ini Akan Meningkat

Selasa 09-05-2023,03:00 WIB
Reporter : Yusuf AS
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tubaba Berkurban, bertujuan untuk berbagi pada para duafa, parkir miskin, dan warga setempat serta para honorer di Lingkup  Kabupaten Tulang Bawang  Barat, Lampung. Selain itu juga memupuk kesadaran dan keperdulian para ASN antar sesama khususnya di Kabupaten Tubaba. 

Hewan kurban juga berasal dari para peternak setempat dengan memanfaatkan sumber dana yakni dari tabungan para ASN terutama Eselon 2 dan 3 atau yang setara dengan Jumlah Tabungan Rp2,7 juta, eselon 2 bejumlah 39 dan eselon 3 berjumlah 118 orang. 

ASN-ASN ini menabung di  BPRS Tani Tubaba. Program ini di mulai pada tahun 2022 atas hasil  rapat musyawarah yang dipimpin  lansung Sekretaris Daerah Ir. Novriwan Jaya S.P. 

Jumlah Hewan Kurban pada tahun 2022 yang berasal dari mayoritas Tabungan ASN Tubaba yakni kambing 118 dan sapi 8 ekor.

BACA JUGA:‘Penampilan Baru’ Reihana Datangi KPK, Ada yang Tanya Soal rambut

Kambing-kambing di sebar ke setiap tiyuh dengan mendapatkan kambing dikoordinir oleh camat dan kepala tiyuh. Sisanya sapi disebar di lingkungan Pemkab Tubaba dan Forkopimda untuk para honorer dan tenaga lainnya. Adapun panitia kurban di koordinir oleh Ibu Asisten 1, Dra. Bayana M. Si.  Anggota bagian kesra Pol PP, Dinas Perternakan, Bapedda, dan Bagian Perekonomian. 

Untuk Tubaba Berkurban di Tahun 2023 meningkat Jumlah Tabungan Rp3 juta. Kabar yang menggembirakan adalah kesadaran dan keikhlasan para ASN yang berkurban. Terbukti dengan jumlah ASN  meningkat menjadi 257 pegawai. "Ini mereka lakukan karena bekerja di Tulang Bawang Barat dan mendapat rezeki dari kabupaten tubaba," kata Kabag Kesra Nurkholis MM. 

Adapun untuk sedekah kurban ini juga berasal dari BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang Barat berjumlah 1 ekor sapi, Bank BPRS Tani 2 ekor kambing. 

Dalam memaksimalkan Program Tubaba Berkurban ini Sekertaris Daerah terus menghimbau dan mengingatkan tidak hanya kepada ASN tetapi karyawan BUMN, masyarakat yang mampu untuk sama-sama berkurban. 

BACA JUGA:Tingkatkan Keterampilan Dasar Teknik, Unila Gelar Pelatihan PEKERTI Batch II

Berkurban bertujuan membantu sesama agar masyarakat yg tidak mampu juga bisa merasakan kebahagian sekaligus membantu menghadapi inflasi di Kabupaten Tulang Bawang Barat. (*)

Kategori :