Geger Penemuan Harta Karun Koin Emas Murni Abad Ke-7 di Dalam Tembok Cagar Alam Hermon Stream

Jumat 02-06-2023,10:30 WIB
Reporter : Ajeng Monika Selis
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam berbagai catatan sejarah yang ada di seluruh penjuru dunia, semua itu tak lepas dari pembahasan tentang harta karun.

Berbagai harta karun disebutkan ada dan masih banyak terpendam di suatu tempat sebagai catatan bahwa sejarah tertentu memang pernah terjadi. 

Beberapa waktu lalu, masyarakat kembali digegerkan dengan penemuan harta karun berupa koin emas murni. Yang dijelaskan dalam Video YouTube Israel Antiquities Authority.

Yang mana telah ditemukan sebanyak 44 keping koin emas murni diduga berasal dari abad ke-7, yang ditemukan di dalam tembok di Cagar Alam Hermon Stream.

BACA JUGA: Wow! Penemuan Koin Kuno Berusia 2.000 Tahun, Nilainya Mencapai Rp 14,8 Miliar

Ditemukannya kepingan emas di situs Paneas, di dalam Cagar Alam sungai Hermon di Israel Utara itu sontak menjadi sorotan.

Terlebih dalam tumpukan koin emas itu bergambar pemimpin di masa kekaisaran Byzantium yakni Phocas dan Heraclius.

Penemuan tumpukan koin emas ini tentunya menjadi salah satu bukti dari perekonomian kota Banias, yang terhitung selama kurun waktu 40 tahun terakhir dalam masa kejayaannya.

Merujuk pada catatan sejarah, dalam kekaisaran Byzantium yang berada di bagian timur kekaisaran Romawi. Yang mana pemerintahannya bertahan selama lebih dari 1 abad alias seribu tahun.

BACA JUGA:Punya Uang Koin Kuno? Begini Cara Menjualnya Biar Untung Besar

Pada masa itu umat Muslim menguasai wilayah tersebut, dan menurut para pakar arkeolog. Saat itulah ada harta karun disembunyikan.

Pemilik dari harta karun itu berusaha menyembunyikan kekayaannya di hadapan umat Muslim yang saat itu menjadi ancaman bagi mereka.

Mereka juga diprediksi berharap bahwa suatu hari akan pulang untuk mengambil kembali harta karun yang disembunyikan itu.

Perwakilan dari otoritas benda antik Israel (IAA), Dr. Gabriela Bijovsky yang merupakan seorang pakar numismatik atau mata uang.

BACA JUGA: Jadi Tanda-tanda Kiamat, Ini Penyebab Danau Tiberias di Israel Mengering

Kategori :