Sepele Memang Ini 5 Sederet Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sabtu 30-09-2023,21:46 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Nangka merupakan buah yang lezat dan juga manis biasanya buah berwarna kuning ini dijadikan kudapan maupun dimakan secara langsung. 

Namun Bijinya pun dapat dijadikan camilan. Meskipun, belum banyak orang yang tahu tentang manfaat biji nangka untuk kesehatan.  

Perlu diketahui jika biji nangka bisa dikumpulkan dari buah yang matang, lalu dijemur, kemudian dimakan. Selain itu, biji nangka juga bisa direbus lalu kemudian dikonsumsi. 

Dibalik kelezatannya menjadi camilan, ada sejumlah manfaat biji nangka bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat biji nangka untuk kesehatan?

Dilansir dan dirangkum radarlampung.co.id dari berbagai macam sumber ini sederet manfaat dari biji nangka untuk kesehatan: 

BACA JUGA:Badak Ratu Melahirkan di Balai TNWK Lampung Timur, Begini Kondisinya

1. (Mengatasi Gangguan Pencernaan)

Manfaat yang pertama dari biji buah nangka yaitu dapat mengatasi gangguan pencernaan karena didalamnya ada kandungan serat larut dan tidak larut.

Sebab serat tersebut bisa membantu menormalkan pergerakan pada usus dengan memperlancar produksi tinja dan melembutkannya.  

Apalagi, serat dianggap sebagai prebiotik sehingga dia dapat membantu memberi makan bakteri baik di dalam usus. 

Selain itu juga sejumlah penelitian menemukan bahwa bisa meningkatkan asupan serat yang dapat meringankan sembelit.  

BACA JUGA:Masuk Daftar Mutasi TNI Terbaru 2023, Sembilan Jenderal Ditarik ke Mabes, Salah Satunya Bintang Tiga

2. (Tinggi protein)

Didalam biji nangka juga mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Sehingga, pada biji nangka yang diolah dalam masakan bisa membantu untuk memenuhi asupan protein nabati.  

3. (Menurunkan kadar kolesterol)

Kategori :