Unila Beri Pelatihan Penyusunan Analisis Bisnis dan Kelayakan Unit Usaha BUMDES Berkah Abadi

Minggu 23-06-2024,11:04 WIB
Reporter : Anggi Rhaisa
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Analisis situasi dewasa ini, revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan munculnya inovasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi berlangsung dengan sangat pesat. 

Salah satu bentuk inovasi berbasis teknologi tersebut dapat dijumpai pada munculnya berbagai aplikasi yang dapat membantu dan mempermudah aktivitas manusia. 

Analisis bisnis dan kelayakan usaha perlu dirancang untuk mengetahui apakah suatu usaha dapat berjalan dengan baik jika dijalankan.

Juga apakah usaha tersebut layak untuk dilanjutkan dan seberapa besar risiko yang akan dihadapi jika usaha tersebut dilanjutkan. 

BACA JUGA:Direksi BRI Kembali Lakukan Aksi Borong Saham hingga Miliaran Rupiah

Berdasarkan hal tersebut, diperlukan lah SDM yang siap baik dari segi pemahaman maupun kesediaan dalam membuat analisis bisnis dan kelayakan usaha tersebut. 

BUMDes Berkah Abadi, Desa Krawangsari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan merupakan badan usaha milik desa yang berpotensi untuk dapat meningkatkan pendapatan desa dan meningkatkan kesejahteraan pengelolanya. 

Hal ini ditandai dengan terdapatnya beberapa unit usaha yang dimiliki BUMDes Berkah Abadi, diantaranya adalah unit usaha simpan pinjam, dan unit usaha perdagangan hasil pertanian, unit usaha jasa perbankan (Mini-ATM). 

Demikian disampaikan Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat di BUMDES Berkah Abadi, Desa Krawangsari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, S.E., M.Sc pada Minggu, 23 Juni 2024.

BACA JUGA:Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2016 di Pringsewu, Rembuk Desa Solusi Cegah Konflik Hukum di Desa

Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi menyampaikan, Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan berbagai manfaat.

Pertama, masyarakat Desa Krawangsari terutama pengelola Bumdes Berkah Abadi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini memperoleh peningkatan empat wawasan dan pengetahuan.

Pun kesadaran mengenai pentingnya pengusulan analisis bisnis dan kelayakan usaha sebelum dan memulai suatu usaha.

Kedua, masyarakat Desa Krawangsari terutama pengelola BUMDes Berkah Abadi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini memperoleh peningkatan wawasan dan pengetahuan serta kesadaran mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan usaha. 

BACA JUGA:Institut Al Ma'arif Way Kanan Gelar Wisuda Angkatan XI Tahun 2024

Kategori :