KPU Mesuji Sebut Coklit Sudah Capai 92 Persen, Kecamatan Panca Jaya Tercepat

Rabu 10-07-2024,18:38 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID - Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Mesuji Lampung telah mencapai 92 persen.

Baru ada satu Kecamatan yang sudah menuntaskan pencoklitan 100 persen, sementara 6 Kecamatan lain masih proses. Kata Ketua KPU Mesuji Ali Yasir pada Rabu 10 Juli 2024.

"Proses Coklit oleh Pantarlih di Mesuji sudah mencapai 92 %. Dan Kecamatan Panca Jaya sudah selesai, sedangkan daerah lain masih proses," ungkapnya.

Acing sapaan akrabnya merinci progres coklit di masing masing Kecamatan yang ada di Mesuji.

BACA JUGA:Apel Kesiapan Kunker Presiden Jokowi ke Tanggamus, Polres-Kodim Fokus 5 Titik Pengamanan

Seperti Kecamatan Mesuji progres coklit sudah mencapai 88,98 persen Kemudian Kecamatan Mesuji Timur 81,49 persen,

Rawajitu Utara 94,63 persen, Kecamatan Way Serdang 93,92 persen, lalu Simpang pematang 90,80 persen dan Kecamatan Tanjung Raya 97,30 persen.

"Kita harapkan 1-2 hari ke depan semuanya selesai dicoklit," jelasnya.

Menurutnya, tak ada kendala berarti ketika Coklit dilaksanakan di Mesuji. Sebab, petugas Pantarlih merupakan warga yang direkrut dengan domisili di wilayah yang didata.

BACA JUGA:Permudah Pembayaran Premi Asuransi, BRI Jalin Kerja Sama dengan Manulife Indonesia

"Kendala hanya soal cuaca yang masih kondisi hujan saat ini, Menurutnya, proses Coklit juga dibantu RT/RW dan pemerintah desa dalam pelaksanaannya. Mereka juga membantu menginformasikan ke masyarakat akan ada petugas pantarlih yang datang ke rumah secara door to door untuk Coklit," Jelasnya.

Untuk diketahui, Data yang akan dicoklit untuk Pilkada di Mesuji sebanyak 169.567 dan Data yang sudah coklit berjumlah 156,511. (*)

Kategori :