Lampung Begawi 2024 Resmi Dibuka, BI Dukung Kemajuan UMKM dan Ajak Masyarakat Bangga Produk Lampung

Jumat 12-07-2024,22:21 WIB
Reporter : Muhammad Arief
Editor : Ari Suryanto

Sinergi antar pemangku kepentingan dan maraknya penggunaan produk UMKM lokal akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM yang mendominasi demografi masyarakat. 

Pada ksempatan yang sama, Pj Gubernur Lampung Samsudin dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi.

”Dengan pelaksanaan kegiatan Lampung Begawi ini, kami berharap sinergi dan kerjasama yang erat antara Pemerintah Provinsi Lampung, Bank Indonesia dan para pemangku kepentingan lainnya dapat terus diperkuat untuk kemajuan UMKM dan perekonomian Lampung” katanya.

Lebih lanjut, pelaksanaan Lampung Begawi juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi untuk terus meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Kunjungi Pasar Kota Agung Tanggamus dan RSUD Batin Mangunang

Lampung Begawi tahun 2024 merupakan salah satu upaya dalam mengkampanyekan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) melalui serangkaian kegiatan. 

Puncak pergelarannya pada 12 – 14 Juli 2024, Bank Indonesia memfasilitasi penyelenggaraan pameran untuk lebih dari 60 UMKM food, fashion & craft. 

Sebagian besar dari UMKM yang mengikuti Lampung Begawi 2024 telah mengikuti berbagai program pembinaan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia.

Termasuk dari program coaching dan onboarding yang mendukung perkembangan UMKM.

BACA JUGA:Dinas PU Bandar Lampung Klaim Telah Perbaiki Ratusan Jalan Lingkungan yang Rusak

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Lampung Begawi 2024, Bank Indonesia meningkatkan sorotan showcasing UMKM produk unggulan Lampung, yaitu wastra dan kopi.

Selain itu, Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Lampung dan BBPOM Provinsi Lampung juga meluncurkan beberapa program inovatif. 

Yaitu PAKAI QRIS PUSAKA, Kios Inflasi dan Mobil TOP. Berkolaborasi dengan Balai Besar POM dengan menggandeng pemerintah daerah.

Program PAKAI QRIS PUSAKA (Produk Unggul, Sehat, Berkualitas dan Aman) untuk UMKM Berjaya (Berkelas Sejahtera Mendunia).

BACA JUGA:Simpan Narkotika di Kantung Celananya, Pasutri asal Mesuji Diamankan Polisi

Bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu produk UMKM melalui implementasi good manufacturing product (GMP) dan kepemilikan Izin Edar Badan POM.

Kategori :