Menko PMK RI Dorong Generasi Milenial Sebar Konten Positif di Dunia Maya

Minggu 14-07-2024,19:21 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Yuda Pranata

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy mendorong generasi milenial memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif.

Menurutnya, saat ini sangat mudah menemukan konten yang negatif, kabar hoax, bullying dan caci maki di dunia virtual.

Karena itu, dirinya meminta generasi milenial untuk meramaikan jagad maya dengan konten-konten yang positif dan membangun.

"Melaluigerakan Gen Digital Revolusi mental ini, kita ingin mendorong para generasi milenial untuk membanjiri dunia virtual dengan konten positif dan juga kreatif," kata dia saat menghadiri gathering Generasi Digital Revolusi Mental di Pasar Payungi Kota Metro, Minggu, 14 Juli 2024.

BACA JUGA:Kawanan Bajing Loncat Gasak 5 Karung Biji Kopi Senilai 30 Juta di Bandar Lampung Ditangkap Polisi

Dikatakan Muhadjir, Gen Digital Revolusi Mental adalah sebuah wadah bertemunya para local champion, educator/influencer, serta generasi muda penggiat media di daerah yang mewakili lima aksi nyata dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

Ia menjelaskan, Gen Digital Revolusi Mental adalah mereka yang aktif terlibat untuk mempublikasi konten di media sosial untuk membagikan praktik baik, menstimulasi, dan juga memperluas gerakan aksi bagi masyarakat luas.

Salah satunya, dengan hadirnya Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Metro yang melibatkan pedagang untuk pemberdayaan ekonomi.

Ia menuturkan, Payungi juga memperhatikan penyandang disabilitas untuk dilatih supaya mempunyai keterampilan.

BACA JUGA:Catat 4 Kendala saat Coklit, Bawaslu Bandar Lampung Keluarkan 37 Rekomendasi Perbaikan

"Ini juga harus kita dorong, supaya penyandang disabilitas juga mendapatkan perhatian," imbuhnya.

Ia menjelaskan, melalui gerakan revolusi mental, Kemenko PMK berencana untuk memberdayakan masyarakat khususnya yang kurang mampu supaya dapat mandiri dan mampu terbebas dari kemiskinan.

"Kita ingin berdayakan masyarakat agar masyarakat kita bisa mandiri dan juga berdaya saing. Apalagi jika ada dari masyarakat lain atau generasi milenial yang juga menggalakkan gerakan ini, pasti akan kita dukung," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, Pemkot Metro akan berupaya untuk terus melakukan pemberdayaan masyarakat, twrmasuk juga penyandang disabilitas di Kota Metro.

BACA JUGA:Melaju Kencang, BRI Salurkan KUR Senilai Rp76,4 triliun Kepada 1,5 Juta Pelaku UMKM Hingga Mei 2024

Kategori :