Literasi di Bandar Lampung Belum Maksimal, Pemkot Lakukan Hal Ini

Selasa 23-07-2024,14:41 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna meningkatkan literasi dan minat baca para pelajar, Pemkot Bandar Lampung melalui Dinas Perpustakaan setempat menggelar kegiatan Gemar Membaca dengan bermacam perlombaan di dalamnya, Selasa, 23 Juli 2024.

Kegiatan yang dibuka Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana tersebut berlangsung di Aula Semergou Pemkot setempat dengan dihadiri peserta dari tingkat SD dan SMP.

Eva menyambut baik kegiatan tersebut yang dirasa sangat penting dan mampu menggerakkan minat anak dalam hal membaca.

Terlebih, menurutnya hal itu sangat diperlukan untuk masa depan anak-anak kelak. "Kita harus tanamkan pentingnya membaca sejak dini," kata Eva.

BACA JUGA:Tinjau Proses Imunisasi Polio, PJ Bupati Mesuji: Saya Tekankan Tenaga Medis Murah Senyum dan Pelayanan Cepat

Kepala Dinas Perpustakaan Bandar Lampung Hidayat Ismet menambahkan, tingkat literasi di Kota Bandar Lampung saat ini masih perlu ditingkatkan.

"Maka pada kegiatan gemar membaca kita menggelar lomba perpustakaan yang diikuti 10 sekolah, juga lomba puisi untuk SD dan Cerpen untuk SMP. Tujuannya untuk meningkatkan literasi, giat membaca, juga melatih mental meraka," jelasnya.

Ditanya upaya apa saja yang dilakukan pihaknya dalam meningkatkan literasi di tengah-tengah perkembangan dunia saat ini, Ismed menyebut ada banyak hal.

"Untuk tingkat literasi di Kota Bandarlampung sendiri banyak bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan dengan men-support kendaraan perpustakaan keliling, kemudian bekerjasama dengan semua sekolah untuk membuat jadwal hari kunjung ke Dinas Perpustakaan," paparnya.

BACA JUGA:Tanggapi Sidang Kredit Fiktif KUR Eks Mantri, BRI Apresiasi Tindakan Cepat APH

"Selain itu kita juga selalu sosialisasi dengan kegiatan swasta yang membutuhkan kita hadir dalam kesempatan itu," sambungnya. 

Saat ini, kata dia, Dinas Perpustakaan tengah mempersiapkan perpustakaan digital dengan membuat aplikasi untuk membaca pada ponsel pintar masing-masing.

"Aplikasi perpustakaan elektronik saat ini sedang kita persiapkan dan akan di-launching oleh ibu wali kota dengan harapan dapat meningkatkan minat baca siswa," tandasnya.(*)

Kategori :