Pemprov Lampung Targetkan Inflasi Bakal Stabil

Kamis 10-10-2024,15:37 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pj. Gubernur Samsudin menekankan langkah-langkah pengendalian inflasi di wilayah Provinsi Lampung dan menargetkan tingkat inflasi yang lebih stabil, sesuai dengan standar nasional.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan arahan pengendalian inflasi daerah yang strategis dan komprehensif dalam High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Mahan Agung yang dihadiri kepala daerah 15 kabupaten/kota, pada Kamis 10 Oktober 2024.

Kata Samsudin, target inflasi nasional tahun 2024 adalah 1,5 persen hingga 3,5 persen, dengan angka ideal yang diharapkan berada pada kisaran 2,5 persen plus-minus 1 persen. 

Sehingga disampaikan Samsudin, perlu upaya pengendalian yang terukur agar inflasi di Lampung tidak melebihi standar nasional, namun juga tidak terlalu rendah.

BACA JUGA:Cozy dan Instagramable, Rumah Kawan Cafe, Cafe 24 Jam di Bandar Lampung, Sensasi Pemandangan City Light

Selain itu Samsudin menekankan pentingnya pengumpulan data yang akurat dan sistematis untuk memantau pergerakan inflasi di Lampung. 

"Lampung harus memiliki interval data yang tepat, khususnya di Pulau Sumatera. Kabupaten Pringsewu misalnya, saat ini berada di peringkat pertama dengan kenaikan Indeks Harga Pedagang (IPH) sebesar 1,75 persen, diikuti Tulangbawang Barat dengan kenaikan IPH sebesar 1,48 persen," ujar Samsudin.

Menurut Samsudin, daerah lain juga menjadi perhatian utama adalah Kabupaten Way Kanan menempati urutan ketiga dengan kenaikan IPH sebesar 1,13 persen. 

Sementara, Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji, yang sebelumnya memiliki tingkat inflasi yang tinggi, kini mulai menunjukkan perbaikan. 

BACA JUGA:Buka Kejutan Link DANA Kaget Spesial 10.10, Ada Saldo Gratis Rp 110 Ribu, Ini Tutorial Lengkapnya

Untuk itu, Samsudin mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan ini, namun tetap mengingatkan pentingnya pengawasan yang berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut, Samsudin menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk lebih informatif dalam mengkomunikasikan langkah-langkah pengendalian inflasi kepada masyarakat. 

"Langkah-langkah pengendalian inflasi harus berbasis pada data yang akurat dan perlu disosialisasikan dengan baik agar masyarakat juga memahami peran mereka dalam menjaga stabilitas harga," ucapnya.

Dirinya meminta agar distribusi pangan di seluruh wilayah Lampung, khususnya melalui Bulog, terus diawasi secara ketat. 

BACA JUGA:Warga Tanggamus Lampung Keluhkan Langkanya Gas Elpiji 3 Kg, Harga Tembus 30 Ribu per Tabung

Kategori :