Penguatan Posyandu Terintegrasi Kampung Pujo Kerto Bersama Poltekkes Tanjungkarang: Kader Makin Terampil!

Sabtu 12-10-2024,11:03 WIB
Reporter : Widisandika Budiman
Editor : Widisandika Budiman

RADARLAMPUNG.CO.ID-Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelayanan kesehatan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas).

Kali ini, tim dosen dari Poltekkes Tanjungkarang hadir di Kampung Pujo Kerto, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, untuk memperkuat keterampilan dasar kader Posyandu Terintegrasi.

Posyandu Terintegrasi adalah layanan kesehatan masyarakat yang fokus pada pemantauan tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tas Eiger, Tahan Lama dan Stylish

Dengan adanya kolaborasi antara Posyandu dan Puskesmas, pelayanan kesehatan semakin mudah diakses oleh masyarakat desa.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong peningkatan layanan kesehatan dasar melalui Posyandu Terintegrasi.

Dalam keterangan yang diperoleh radarlampung.co.id, kegiatan yang dilaksanakan pada akhir Agustus 2024 ini diresmikan oleh Kepala Kampung Pujo Kerto, Soedarso, SP.

BACA JUGA:Siap Hadapi Debat Pertama, Mirza-Jihan Konsultasi dengan Akademisi dan Serap Masukan Masyarakat

Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kehadiran tim Poltekkes Tanjungkarang yang selama dua tahun terakhir telah membina kampung dalam berbagai program, termasuk pembuatan biogas dari kotoran sapi dan pembangunan saluran pembuangan air limbah (SPAL).

Ketua tim pengabmas, Imam Santosa, S.ST, MT, bersama timnya—Arie Nugroho, S.Gz, M.Gz, Titi Astuti, S.Kep, M.Kep, dan Daria Ginting, SPd, M.Si—bekerja sama dengan Puskesmas Pujo Kerto dalam memberikan pelatihan kepada 25 kader Posyandu.

Materi yang disampaikan meliputi perencanaan dan pelaksanaan pelayanan kesehatan, pemantauan serta pelaporan, hingga penggunaan kartu bantu pemeriksaan dan form checklist kunjungan rumah.

BACA JUGA:Rekomendasi Tablet Low Budget Dalam Seri Redmi Pad SE, Cek Harga Oktober 2024

Melalui pelatihan ini, para kader Posyandu di Kampung Pujo Kerto semakin terampil dan siap memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Keterampilan mereka dalam mengelola Posyandu Terintegrasi pun semakin meningkat, sejalan dengan tujuan Poltekkes Tanjungkarang untuk terus berkontribusi dalam pengembangan layanan kesehatan di desa-desa.

Dengan kolaborasi ini, Poltekkes Tanjungkarang tidak hanya memperkuat keterampilan kader, tetapi juga meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kampung Pujo Kerto secara menyeluruh. (*)

Kategori :