Tanggul Way Semuong Kritis, Ambil Langkah Tanggap Darurat!

Tanggul Way Semuong Kritis, Ambil Langkah Tanggap Darurat!

radarlampung.co.id – Kondisi tanggul di sungai Way Semuong, Kecamatan Bandarnegeri Semuong mengkhawatirkan. Karena itu perlu penanganan darurat untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Terkait hal ini, Komisi III DPRD Tanggamus meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan upaya tanggap darurat.  ”Saat ini musim hujan masih berlangsung. Tentunya tanggul akan terus tergerus. Tidak menutup kemungkinan, jika sekali lagi diterjang banjir, tanggul jebol,” kata Ketua Komisi III DPRD Tanggamus Iskandar Juned, Sabtu (7/3).

Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD untuk melakukan langkah tanggap darurat guna mengantisipasi banjir. ”Ini harus dilakukan pada dua sisi, kiri dan kanan. Sebab saat ini, kondisi tanggul di Pekon Gunungdoh dan Banding sudah nyaris habis akibat tergerus,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan Edi Nugroho mewakili Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Toha menyatakan akan segera mengupayakan penanganan darurat di sungai Way Semuong.

”Setelah ada permohonan dari kecamatan, maka langsung kami tinjau. Untuk penanganan darurat, secepatnya akan kita lakukan,\" kata Edi.

Diketahui, kondisi tanggul darurat di sungai Way Semuong, Pekon Banding, Kecamatan Bandarnegeri Semuong kembali tergerus dan nyaris jebol pasca diterjang banjir pekan lalu.

Warga yang tinggal di sekitar sungai khawatir. Sebab jika tanggul tersebut jebol, maka pemukiman warga di tiga pekon yakni Pekon Banding, Rajabasa dan Sanggiunggak akan terdampak banjir. (uji/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: