Antisipasi PMK, DKP3 Metro Bentuk Tim Reaksi Cepat

Antisipasi PMK, DKP3 Metro Bentuk Tim Reaksi Cepat

Kepala DKP3 Metro Heri Wiratno.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan (DKP3) Metro telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). Di mana, tim tersebut akan bertugas untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Departemen Pertanian dan Peternakan untuk berkoordinasi mengenai pencegahan dan penularan penyakit mulut dan kuku.

“Sehingga sekitar tanggal 11 Mei lalu kita bentuk Tim Reaksi Cepat sebagai langkah pengendalian penyakit itu. Tugasnya untuk komunikasi dan edukasi dengan masyarakat tentang PMK,” ujarnya, Jumat (20/5).

Dikatakannya, untuk mendukung tim tersebut, pihaknya juga melakukan peningkatan pengawasan pada lalu lintas ternak, terutama ternak yang dikirim ke Metro.

“Kita lakukan pembatasan lalu lintas ternak dan pengawasan di rumah potong hewan (RPH). Sampai sekarang pun kita masih sosialisasi ke seluruh kecamatan dan kelompok-kelompok ternak,” katanya.

Ia menambahkan, sosialisasi juga dilakukan terhadap Juru Sembelih Hewan (Juleh), serta para penjual hewan ternak dan pedagang daging.

“Untuk daging yang ada di pasaran semua aman. Lalu lintas ternak juga kita jalankan dengan baik,” pungkasnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: