Iklan Bos Aca Header Detail

Ternyata, Penetapan Tiket Masuk Candi Borobudur Semata-mata Demi Kepentingan Dua Hal Ini

Ternyata, Penetapan Tiket Masuk Candi Borobudur Semata-mata Demi Kepentingan Dua Hal Ini

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kebijakan pemerintah pusat dan daerah menetapkan tiket masuk Candi Borobudur yang mencapai Rp750 ribu menuai polemik.

Melalui keputusan Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang ditemani oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, disebutkan beberapa alasan terkait meningkatnya tiket masuk Candi Borobudur.

Pada penyampaiannya via akun Instagram, Minggu 5 Juni 2022, Luhut menyebut kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur guna menjaga kelestarian sejarah dan budaya.

BACA JUGA:Hati-hati! Perguruan Tinggi Ini Jadi Sasaran Kelompok Paham Radikal

"Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara," ungkap Luhut dalam unggahan yang dikomentari lebih dari 300 lebih warganet.

Pada keterangan resminya, Luhut menerangkan, kesepakatan sudah terjadi di mana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur sebagai upaya membatasi kuota turis.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah," ungkap Luhut.

BACA JUGA:Indonesia-Belanda Perkuat dan Perluas Kerja Sama

Kendati demikian, Luhut tak membebani tiket masuk Candi Borobudur senilai Rp750 ribu untuk study tour para pelajar.

Khusus untuk kalangan semua pelajar, tiket masuk untuk ke Candi Borobudur tak lebih dari Rp5.000.

"Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja. Sedangkan untuk masuk ke Kawasan Candi akan akan tetap mengikuti harga yang sudah berlaku," tegas Luhut.

BACA JUGA:Komisi V Minta Pembangunan Dua Gedung RSUDAM Dihentikan Sementara

Turis Wajib Pakai Tour Guide

Dengan kebijakan baru harga tiket masuk Candi Borobudur ini, Luhut juga mewajibkan semua turis harus menggunakan jasa tour guide. Bukan hanya sekadar jalan-jalan biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id