Usung Lampung Bangkit, Hantoni Hasan Maju Pilgub 2024

Usung Lampung Bangkit, Hantoni Hasan Maju Pilgub 2024

Ketua Dewan Pakar DPW PKS Lampung Hantoni Hasan memaparkan rencana pencalonannya sebagai gubernur. FOTO DINA PUSPASARI/RADARLAMPUNG.CO.ID--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hantoni Hasan menjadi orang pertama yang mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur Lampung 2024. Ketua Dewan Pakar DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung ini mulai menebar banner sosialisasi pencalonannya di sejumlah titik strategis se-Lampung. 

Meski merupakan petinggi PKS, namun tidak ada logo partai tersebut di banner pencalonan dengan tagline ‘Lampung Bangkit’ tersebut. 

Ditemui di kediamannya, kawasan Gunungterang, Tanjungkarang Barat, Rabu (8/6), Hantoni menyatakan keseriusan atas pencalonannya itu.

”Serius. Insya Allah Lampung harus bangkit. Supaya gagasan bangun Lampung sudah terdengar dari awal. Sebentar lagi, orang sibuk pileg, pilpres, kemudian waktu mepet ke pilkada. Akhirnya masyarakat coblos-coblos saja karena kasih sembako, nggak ada adu gagasannya,” ucapnya.

BACA JUGA: Begini Cara Buronan Jepang Masuk ke Indonesia

Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan calon pemimpin yang sudah tuntas dengan gagasan-gagasannya. 

“Ilmu itu harus mendahului gagasan. Karena sebenernya orang pintar di Lampung banyak sekali. Saya pasang tagline Lampung Bangkit, apa maksudnya? Apa Lampung sekarang ini tidur-tidur saja, nggak bangkit?” kata Hantoni yang pernah maju sebagai calon wakil wali kota pada Pilkada Bandarlampung 2010.

Menurut dia, Lampung memiliki potensi alam dan sumber daya manusia yang luar biasa. Kapasitas fiskal daerah Lampung atau tingkat kemampuan keuangan sedang. Artinya, pemerintah punya ruang cukup untuk membuat program dalam rangka kesejahteraan masyarakat. 

“Tapi kenapa kemiskinan kita masih di nomor empat dari bawah se-Sumatera? Termiskin pertama Aceh. Lalu Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung. IPM (Indeks Pembangunan Manusia) juga paling rendah. Pasti ada something wrong. Karena potensi bagus, keuangan fiskal bagus, tapi tidak menghasilkan sesuatu yang signifikan,” sindirnya.

BACA JUGA: KIB Punya Kader Sendiri, Tutup Peluang Capres Dari Luar

Dengan demikian, menjelang Pilgub 27 November 2024, Hantoni mengakui sudah memikirkan bagaimana menjalankan tugas sebagai gubernur. Bukan lagi memikirkan cara menjadi gubernur. Dia mengutip tulisan Stephen R. Covey, penulis buku laris The Seven Habits of Highly Effective People.

“Mulailah dari akhir dalam pikiran. Kata Stephen Covey, berbuatlah dari akhir pikiran. Saya sudah memikirkan dahulu semuanya. Ketika sudah selesai berpikir (bagaimana menjalankan tugas sebagai gubernur), oke kita berbuat. Mulai dari A, ya maka memasang banner-banner itu,” kata dia. 

Langkah strategis lainnya juga sudah dia pikirkan. Termasuk bagiamana mendapatkan partai politik untuk mengusungnya dalam pilgub. 

“Nanti. Saya mau melamar ke partai politik sekarang, belum ada yang membuka pendaftaran. Tapi menurut saya, sebentar lagi akan muncul calon lain karena banner kita,” lanjut dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: