Puluhan ASN Pemprov Lakukan Pelatihan dan Sertifikasi pada Pekerjaan Pembangunan Mall Pelayanan Publik Lamsel

Puluhan ASN Pemprov Lakukan Pelatihan dan Sertifikasi pada Pekerjaan Pembangunan Mall Pelayanan Publik Lamsel

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Lamsel memberikan sambutan kepada peserta pelatihan--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sebanyak 60 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Lampung yang berasal dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung; Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (PKPCK) Provinsi Lampung dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Lampung melakukan visit pada pekerjaan Pembangunan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2022.

Kunjungan ini menurut Kepala Bidang Bina Konstruksi DBMBK yang juga panitia pelaksana kegiatan Yudi, merupakan salah satu materi pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli muda manajemen konstruksi dan manajemen proyek.

"Jadi memang dalam kunjungan ini menjadi salah satu materi dalam pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli muda manajemen konstruksi dan manajemen proyek dengan tujuan, agar bisa mempelajari dengan sungguh-sungguh sehingga bisa menjadi modal dasar dalam bekerja dan menjadi tenaga muda ahli yang profesional di Provinsi Lampung," ungkap Yudi, Kamis (9/6).

BACA JUGA:Pemkab Lamsel Lantik Pejabat Struktural, Ini Nama-namanya

Yudi menyebutkan, BMBK bekerjasama dengan Pertahkindo melaksanakan pelatihan dan sertifikasi ahli muda manajemen konstruksi dan manajemen proyek.

Kegiatan pelatihan ini juga akan dilaksanakan selama lima hari dengan total peserta 60 orang. Di mana, peserta berasal dari 30 orang pelatihan manajemen proyek dan 30 orang pelatihan konstruksi. Peserta dari Dinas BMBK Lampung, Dinas PSDA Lampung, Dinas PKPCK Lampung dan Asosiasi.

"Dengan kegiatan ini diharapkan nantinya Pemprov Lampung memiliki ahli muda dari BNSP melalui asosiasi yang mempunyai lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Selain itu, peserta yang sudah punya sertifikat bisa digunakan untuk pekerjaan keteknikan baik manajemen konstruksi maupun proyek. Pelaksanaan lima hari, dibagi menjadi tiga hari materi, satu hari kunjungan lapangan, dan satu hari assesment dari LSP," tambahnya.

BACA JUGA:Libatkan 240 Pelaku Usaha, Pemkab Lamsel Laksanakan Bimtek LKPM dan OSS RBA Tuntaskan Stunting

Terpisah, mewakili Kepala Dinas PUPR Lamsel Hasbie Aska, Kabid Cipta Karya Lampung Selatan Gunawan mengatakan, saat ini pekerjaan Pembangunan Mall Pelayanan Publik merupakan salahsatu pekerjaan unggulan Bupati Lamsel Nanang Ermanto di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lamsel dengan alokasi anggaran Rp15,9 miliar.

Adapun kontraktor pelaksana pembangunan yakni PT Bumi Perkasa Kalipancur dan konsultan MK CV Jaim dan Rekan.

Ia mengatakan kegiatan ini didampingi dengan konsultan manajemen konstruksi (MK), sehingga pekerjaan ini merinci setiap hari, diawasi, pekerjaan by request, sehingga pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

BACA JUGA:Kadis PUPR Lamsel Diganti, Ini Sosoknya

"Semua sudah standar memenuhi kriteria keselamatan kerja. Rekanan sangat profesional dan bisa dijadikan percontohan. Sejauh ini progres pekerjaan kita positif," ujar Gunawan.

Selanjutnya, setiap hari rekanan dan konsultan MK menganalisa dinamika lapangan sehingga ketika ada trouble langsung diselesaikan dan dicarikan solusi agar tak menghambat progress pekerjaan. Selain itu, dengan adanya gedung ini Pemkab Lamsel berharap masyarakat akan kian terbantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: