Kadiskes Lampung Ingatkan Prokes Penangkal Utama Masuknya Virus

Kadiskes Lampung Ingatkan Prokes Penangkal Utama Masuknya Virus

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lampung, Reihana--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Masuknya varian lain Covid-19 Omicron, yakni BA.4 dan BA.5 di Indonesia, membuat masyarakat harus lebih hati-hati kedepannya.

Pasalnya, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengingatkan tak ada perbedaan gejala yang ditimbulkan dari dua varian berbeda ini.

"Iya tidak ada perbedaan gejala. Sama seperti Omicron, karena memang masih masuk varian omicron," beber Reihana yang diwawancarai Senin (13/6).

Dia mengatakan, kunci utama penangkal masuknya virus kedalam tubuh ialah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi disituasi seperti saat ini yang sudah mulai di longgarkan.

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Gelar Rembuk Stunting

"Tetap perketat protokol kesehatan (prokes), karena kuncinya itu di prokes. Vaksinasi tetap dikejar, namun yang pertama tetap disipilin prokes karena yang bisa menghindari kuman masuk ialah prokes," tambahnya.

Untuk petugas kesehatan, Reihana mengatakan tetap memperketat pengawasan terutama 3 T dan I, (tracing, testing, treatmen dan isolasi). Kemudian peningkatan perketatan surveilans.

"Kami juga mempersiapkan sarana pra sarana nya, sebagai langkah antisipasi. Seperti rumah sakit. Serta Pak Gubernur akan menyurati kabupaten/kota juga sebagai langkah antisipasi," tandasnya. (rma/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: