Puluhan Pejabat Eselon II Bersama Pasangan Ikuti Bimtek Antikorupsi

Puluhan Pejabat Eselon II Bersama Pasangan Ikuti Bimtek Antikorupsi

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) RI melakukan bimbingan teknis (Bimtek) Antikorupsi Mewujudkan Keluarga Berintegritas yang di gelar di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Rabu (15/6).

Dalam kegiatan ini sebanyak 20 pejabat di lingkungan Pemprov Lampung mendapatkan pembekalan anti korupsi bersama dengan pasangannya.

Plt Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI,  Wawan Wardiana mengatakan potensi korupsi bisa dari berbagai sumber.

BACA JUGA:KPK Tetapkan Desa Hanura sebagai Calon Desa Antikorupsi

Termasuk desakan keluarga didalamnya. Karenanya, pembrantasan korupsi tidaklah mungkin hanya dilakukan dengan kegiatan penegakan hukum saja.

Oleh karena itu KPK RI telah mencanangkan strategi trisula dalam pemberantasan korupsi yaitu dengan melakukan kegiatan penindakan, pencegahan dan pendidikan Antikorupsi.

"Salah satu bentuk program kegiatan yang perlu dilakukan, khususnya terkait pendidikan Antikorupsi adalah dengan melakukan pembinaan dan mengingatkan kembali tentang pentingnya  keluarga dan peran orang-orang yang ada dalam lingkup keluarga guna membangun keluarga berintegritas tanpa korupsi," ungkap Wawan.

BACA JUGA:Kabupaten Jadi Sasaran Hacker, KPK Sarankan Lelang Tender di Pusat

Namun dalam pencegahan korupsi tidak hanya dilakukan sedari dini dengan menerapkan kurikulum anti korupsi di sekolah. Tetapi di depan mata saat ini ialah pejabat yang sedang menduduki jabatan.

"Ini perlu diajak dan peran serta bagaiamana menjaga diri sendiri dan lingkungan nya untuk tidak melakukan praktek korupsi salah satunya yang paling dekat adalah pasangan. Dan yang hadir hari ini adalah selain pimpinan tinggi pratama juga kita undang pasangannya. Karena kita tahu bahwa ternyata yang ditangani oleh KPK saja mereka melakukan korupsi juga melibatkan keluarga ada anak-anak, istri dan pasangannya," tambahnya.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban KPK untuk mengingatkan para penyelenggaraan negara termasuk para pejabat di provinsi Lampung untuk mengingatkan pencegahan korupsi yang juga melalui pasangan nya supaya saling mengingatkan. Apa lagi jika pasangan nya sama-sama pejabat publik, meskipun ada juga yang hanya di rumah saja.

BACA JUGA:Jumat, Pejabat Tubaba Rakor Bareng KPK

Sementara Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini, dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh KPK RI.

"Kegiatan yang sangat baik dari KPK, saya sangat senang dan mengapresiasi kegiatan hari ini, semoga tidak hanya di provinsi, tapi juga dapat dilaksanakan di kabupaten hingga desa," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: