Rp31 Juta per Pekon untuk Pelaksanaan Pilkakon Serentak Tanggamus

Rp31 Juta per Pekon untuk Pelaksanaan Pilkakon Serentak Tanggamus

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tahapan demi tahapan terus dimatangkan jelang pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak Tanggamus. Kegiatan yang diikuti 68 pekon tersebut dijadwalkan berlangsung 7 Juli 2022 mendatang. 

Salah satunya terkait anggaran. Pemkab mengalokasikan dana Rp31 juta lebih per pekon. Ini belum termasuk jika ada TPS tambahan.

"Anggaran itu sudah sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan pemilihan kepala pekon," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus Arpin. 

Selain itu, tahapan yang telah dilakukan adalah tes bagi bakal calon (Balon) kepala pekon dan pengundian nomor urut.

BACA JUGA: Polisi Awasi Pendistribusian BBM di SPBU Gunungratu

Arpin menerangkan, tahapan pelaksanaan pilkakon terhitung per 13 Juni 2022. Yakni pengumuman hasil seleksi bakal calon kapekon. 

Di mana, pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung telah menyampaikan surat hasil seleksi kepada 10 panitia pelaksana pilkakon di tingkat pekon yang melakukan tes.   

Bakal calon kapekon yang ikut serta dalam tes di UIN Raden Intan Lampung berjumlah 66 orang. Berasal dari pekon dengan bakal calon lebih dari lima orang.

"Selanjutnya tahap penetapan bakal calon menjadi calon kepala pekon dan nomor urut. Sistemnya nanti, panitia pilkakon tingkat pekon menetapkan calon berdasar hasil yang disampaikan," terang Arpin.

BACA JUGA: Begini Reaksi Ganjar Pranowo Diusung NasDem jadi Capres 2024, Sosok Megawati pun Diungkit

Dilanjutkan, ditetapkannya calon kepala pekon berdasar rangking, bukan karena lulus atau tidak lulus. Karena itu, wewenang menentukan sepenuhnya ada di panitia pemilihan kepala pekon tingkat pekon. Siapa saja yang lolos dan ditetapkan menjadi calon kapekon.

"Tentu dalam hal ini, panita pilkakon tingkat pekon harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Tahapan selanjutnya masih akan berlangsung hingga 7 Juli mendatang," ujarnya.

Sekretaris Panitia Pilkakon tingkat kabupaten ini juga menerangkan, panitia pilkakon di semua tingkatan terus membahas proses dan langkah langkah jelang pilkakon tersebut. 

Terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana pemilihan, Arpin mengatakan ada bagian bagian yang disiapkan oleh pekon dan kabupaten. (ehl/iqb/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: