Tingkatkan Kesejahteraan Petani Ikan, Pemkab Lampung Barat Berencana Lakukan MoU dengan PT. Japfa

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Ikan, Pemkab Lampung Barat Berencana Lakukan MoU dengan PT. Japfa

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka mensejahterakan masyarakat khususnya para petani ikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat berencana akan menjalin kerjasama dengan PT. Japfa dan membuat Memorandum of Understanding (MoU).

Rencana tersebut dipaparkan Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus saat melakukan melakukan audiensi dengan para petani ikan yang ada di wilayah Kecamatan Lumbok seminung dalam rangka peningkatan produktifitas ikan melalui Keramba Jaring Apung (KJA) yang berlangsung di Ruang Rapat Pesagi Setdakab. Lampung Barat pada Selasa 14 Juni 2022 kemarin.

Rencana Pemkab Lampung Barat yang akan berjasama dengan PT. Japfa itu merupakan tindak lanjut dari Kunjungan Kerja (kunker) jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat ke Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara pada 9 - 11 Juni 2022 kemarin terkait pengelolaan budidaya ikan di Danau Toba.

BACA JUGA:Sempat Tertunda Karena Pandemi Covid-19, Akhirnya Tahun 2022 Pemkab Lampung Barat Melepas 204 CJH

Parosil menyatakan, dalam Kunkernya itu pihaknya melihat langsung ada sebuah perusahaan dengan nama PT. Japfa yang bermitra dengan petani-petani lokal dalam rangka memanfaatkan ikan di danau Toba. 

Ke depan Parosil menginginkan apa yang sudah dilakukan oleh PT. Japfa dari petani ikan di Danau Toba dapat diimplementasikan di Kabupaten Lampung Barat, yaitu bekerja sama dalam bentuk investasi.

Apalagi Kabupaten Lampung Barat sendiri memiliki Danau Ranau yang mempunyai potensi unggul dalam pemanfaatan pembudidayaan ikan seperti halnya Danau Toba.

BACA JUGA:Hujan Deras Melanda Lambar, Rumah Warga di Batubrak Terancam Ambruk karena Longsor

"Dengan catatan yang paling penting, kita ingin hadir perusahaan investasi di daerah Lampung Barat," ujarnya.

Akan tetapi pada prinsipnya, lanjut Parosil, hadirnya sebuah perusahan tidak akan mematikan usaha lokal yang sudah ada.

Sehingga ia menjelaskan, pihaknya berencana akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Lampung Barat dengan pihak PT. Japfa.

"Oleh sebab itu, kita akan membuat sebuah MoU antara pemerintah dengan pihak PT Japfa," jelasnya.

BACA JUGA:Polisi Awasi Pendistribusian BBM di SPBU Gunungratu

Namun Parosil menyatakan, sebelum dilakukan MoU itu, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu terkait kemitraan tersebut. "Ke depan, dengan adanya kemitraan ini PT. Japfa tetap memperhatikan lingkungan, pendidikan, kesehatan dan berbagai macam bidang termasuk juga infrastruktur," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: