Komitmen Pembagian STB Untuk Masyarakat Miskin, Kominfo Siapkan 1 Juta STB

Komitmen Pembagian STB Untuk Masyarakat Miskin, Kominfo Siapkan 1 Juta STB

STB (Set Top Box) TV Digital Kominfo--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komitmen pembagian Set Top Box (STB) gratis bagi masyarakat miskin dilakukan oleh penyedia multiflexing (Mux).

Jutaan STB pun disiapkan dan diharapkan dapat mengcover jumlah penduduk yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang masuk dalam wilayah peralihan tv analog ke tv digital.

Hal ini diungkapkan Staf Khusus Menteri Kominfo RI Rosarita Niken Widiastuti, pada Senin (20/6). Dia mengatakan secara nasional ada beberapa penyedia mux yang berkomitmen dalam pembagian STB bagi masyarakat miskin yang masuk dalam DTKS.

Mereka ialah SCTV (1.213.750 STB), Metro TV (704.378 STB), RCTI GTV (1.143.121 STB). Kemudian Trans TV Trans7 (616.511 STB), RTV sebanyak (500.000 STB), TVONE ANTV (149.587 STB) dan NTV (3.000 STB). Dalam mendukung pemerataan pembagian STB gratis ini, Kominfo juga ikut ambil andil.

BACA JUGA:Dorong Ekspansi UMKM, BRI Jalin Kerja Sama dengan Beemarket.id Pasarkan Produk Lokal Indonesia

“Kominfo juga menyiapkan kuota khusus pembagian STB. Ini disiapkan apabila STB yang dibagikan penyedia mux ternyata belum menyukupi jumlah penerima bantuan STB,” katanya.

Secara total, Kominfo menyiapkan 1 juta STB gratis tersebut. Dengan dibaginya STB gratis bagi masyarakat miskin dan masyarakat yang bisa membeli STB sudah mulai memasangkan STB tersebut ke perangkat TV nya.

Dalam pembagiannya masyarakat juga, bagi rumah tangga miskin tidak perlu antri. Hanya menunggu di rumah saja, karena baik penyedia mux dan Kominfo akan langsung mengirimkan STB tersebut kerumah.

“Jadi dari Kominfo kami mendapatkan data dari Kemensos mengenai rumah tangga miskin dari DTKS. Sekarang ini Kemenkominfo sedang verifikasi,” tambahnya.

BACA JUGA:Catat, Ini Daftar Daerah yang Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Pada Juni 2022

Perlu dilakukan verifikasi tersebut pasalnya ditakutkan penerima tersebut sudah tidak miskin lagi. Atau justru tidak memiliki televisi.

“Padahal persyaratan untuk mendapatkan STB Gratis ini rumah tangga miskin yang memiliki televisi. Kalau rumah tangga miskin nggak punya perangkat televisi ya nggak dapat STB,” katanya.

Bantuan STB Gratis dari Kemenkominfo sendiri akan dikirimkam melalui PT Pos Indonesia. Sementara penyelenggara mux disesuaikan apa yang dipilih oleh penyedia mux sebagai distribusi STB. (rma/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: