Yuk, Berkunjung! Menikmati Indahnya Teluk Semaka Sambil Menunggu Hasil Tangkapan Nelayan

Yuk, Berkunjung! Menikmati Indahnya Teluk Semaka Sambil Menunggu Hasil Tangkapan Nelayan

Aktivitas nelayan pesisir laut Teluk Semaka, Kotaagung, Tanggamus, menangkap ikan menggunakan jaring dari pinggir pantai. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDTanggamus memiliki beragam destinasi wisata. Cukup  menjanjikan jika dikelola dengan baik. Seperti wisata pantai, pegunungan, air terjun dan lainnya.

Untuk lokasi pantai misalnya. Ada di pesisir Kotaagung. Selain dapat menikmati keindahan alam laut Teluk Semaka, pengunjung bisa melihat aktivitas nelayan menangkap ikan dengan menggunakan jaring tarik dari pinggir pantai .

Pengunjung dapat langsung membeli ikan segar yang baru ditangkap. Tinggal menunggu nelayan menepikan jaring dan mengangkut hasil tangkapannya ke pinggir pantai .

Aktivitas nelayan ini tentunya akan sangat menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pesisir pantai.

BACA JUGA: Heboh, Ribuan Ikan Naik ke Pantai di Pesisir Bandar Lampung

Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra mengatakan, aktivitas nelayan jaring tersebut berada di sejumlah lokasi pantai.

”Di antaranya pesisir pantai Way Gelang, pantai Sukabanjar, pantai Batu Balai, pantai Tanjung Agung , pantai Digul dan lainnya,” kata Erlan Deni kepada Radarlampung.co.id.

Terkait destinasi wisata ini, sebelumnya Pemkab Tanggamus telah menetapkan sembilan pekon sebagai desa wisata.

Agar desa wisata itu dapat berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanggamus tahun ini menggandeng konsultan bidang pariwisata untuk memberikan pendampingan.

BACA JUGA: Wanita Penembak Suami di Mesuji Tertangkap Sedang Nyabu

Kepala Disparbud Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, sembilan pekon yang ditetapkan sebagai desa wisata tersebut adalah Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan.

Kemudian Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka; Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting dan Pekon Kampung Baru di Kecamatan Kotaagung Timur.

Lalu Pekon Putih Doh, Kecamatan Cukuh Balak; Pekon Sumber Mulyo, Kecamatan Sumberejo; Pekon Sukamaju dan Pekon Muara Dua di Kecamatan Ulubelu.

Penetapan sembilan desa wisata tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor B.195/39/08/2021 tentang Penetapan Desa/Pekon Wisata Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA: Kecelakaan Maut di Desa Pemanggilan, Satu Orang Dinyatakan Meninggal Dunia

"Untuk tahun ini, dua desa wisata yang akan kita berikan pendampingan agar lebih berkembang,” kata Retno Noviana Damayanti.

Terdiri dari Pekon Kampung Baru di Kecamatan Kotaagung Timur yang memiliki destinasi wisata Air Terjun Way Lalaan.

Lalu Pekon Sumber Mulyo di Kecamatan Sumberejo yang memiliki Dusun Sailing, tempat kerajinan kain tenun Lampung.

Menurut Retno Noviana Damayanti, dua pekon tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia pada umumnya dan Lampung khususnya.

BACA JUGA: Begini Penjelasan Kemnaker RI Soal Gagal Lolos Verivali Bank yang Sebabkan Gagal Salur BSU

"Kami ingin dua pekon tersebut menjadi destinasi wisata unggulan. Sehingga para turis, baik itu lokal maupun internasional dapat tertarik berkunjung," sebut Retno.

Dilanjutkan Retno, Disparbud Tanggamus juga menggandeng Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) untuk memberikan pembinaan, sehingga wisata yang ada di pekon layak untuk dijual ke seluruh nusantara, bahkan hingga internasional. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: