Politikus PDIP Lampung: Tjahjo Kumolo Tokoh Terbaik Partai

Politikus PDIP Lampung: Tjahjo Kumolo Tokoh Terbaik Partai

 

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – Meninggalnya Tjahjo Kumolo, menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), mengejutkan kader PDI Perjuangan. 

Salah satunya yang terkejut dengan kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo adalah pengurus DPD PDIP Lampung Lesty Putri Utami. Menurut Lesty Putri Utami, Tjahjo Kumolo adalah salah satu tokoh terbaik partai yang ramah dan memiliki pandangan-pandangan kebangsaan yang tinggi. 

“Pak menteri meninggal usia 64 tahun. Dengan karir cemerlang di partai hingga birokrat,” kata Lesty Putri Utami kepada radarlampung.co.id, Jumat, 1 Juli 2022.

Lesty Putri Utami yang merupakan sekretaris Komisi II DPRD Lampung menjelaskan, jabatan-jabatan penting seperti sekretaris jenderal (sekjen) DPP PDIP mendampingi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, DPR RI, sampai jabatan menteri penting di kepemimpinan Presiden Jokowi, pernah dia emban.

BACA JUGA:Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Ini Kata Gubernur Lampung

“Pak menteri meninggal karena infeksi paru, yang sudah beberapa minggu ini dirawat,” ucap Lesty Putri Utami

Dikutip dari wikipedia, Tjahjo Kumolo yang lahir pada 1 Desember 1957 menjabat sebagai Menpan RB sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju. Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja. 

Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009–2014 dari PDIP dengan daerah pemilihan Jawa Tengah I. 

Sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI. Juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

BACA JUGA:Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-7 Radarlampung.co.id

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekjen DPP DPP PDIP periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDIP.

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya. Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Jakarta pada 1 Juli 2022 setelah dirawat di rumah sakit Abdi Waluyo Jakarta. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: