Prakarsai Kantin Halal, Kepala BPJPH Apresiasi Terobosan Kanwil Kemenag Lampung

Prakarsai Kantin Halal, Kepala BPJPH Apresiasi Terobosan Kanwil Kemenag Lampung

Kepala BPJPH M. Aqil Irham (berjas biru) bersama Kakanwil Kemenag Lampung, Rabu 6 Juli 2022. (Foto: Humas Kemenag Lampung)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kanwil Kemenag Provinsi Lampung mendapat apresiasi dari Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham lantaran sedang menggagas Kantin Halal

Hal itu disampaikan Aqil ketika menyampaikan Pembinaan Percepatan Sertifikasi Halal serta Kantin Halal di Aula Sai Batin, Kanwil Kemenag Lampung, Bandar Lampung. 

"Saya mengapresiasi upaya ini. Saya berharap jajaran Kanwil Kemenag se-Provinsi Lampung bisa bersinergi dengan Kepala Daerah masing-masing untuk mengkampanyekan kantin halal," ungkap Aqil Irham, Rabu 6 Juli 2022, dilansir dari situs resemi Kemenag.

Aqil yang kini juga menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Jenderal Kemenag mengungkapkan, kantin halal tersebut bisa menjadi contoh nyata keterlibatan unsur Kemenag dalam melakukan penguatan ekonomi nasional. 

BACA JUGA:Agar Tak Ditolak Saat Berangkat Haji, Ini Pesan Kemenag

“Upayakan kantin kita sudah bersertifikat halal, supaya nantinya bisa bekerjasama dengan dinas terkait untuk membantu pembiayaan UMK, agar mereka bisa kompetitif dan naik kelas," sebut Aqil. 

Menurut Aqil, sertifikasi halal tak hanya mengenai ketaatan terhadap agama, pengamalan agama, atau etika. Melainkan adanya sertifikasi halal berkaitan dengan standar mutu, kualitas, dan higienitas.

“Artinya, kalau telah ada sertifikasi halal pada suatu brand menandakan bahwa produk itu bersih, sehat, dan terjamin mutunya. Maka, sertifikat halal pun berhubungan dengan market, nilai ekonomi, keuangan, dan soal bisnis besar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, guna mendukung terwujudnya Kantin Halal, BPJPH sudah mengeluarkan pedoman Bimbingan Teknis (Bimtek) Kantin Halal.

BACA JUGA:46 CJH Asal Indonesia Batal Naik Haji, Ini Kata Kemenag Lampung

"Mari kita mengkampanyekan sertifikasi halal di daerah kita masing-masing,” ajak Aqil.

Senada, Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo berharap para ASN bisa menjadi duta untuk mengkampanyekan Jaminan Produk Halal.

"Saya ingin pada kita semua dapat menjadi duta BPJPH di Provinsi Lampung, idealnya Pegawai Kemenag minimal bisa menunjukkan atau memberitahu tentang halal.go.id,” ungkapnya.

Puji Raharjo menyampaikan, pihaknya menghadirkan seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota juga Kepala MIN, MTsN, dan MAN se-Provinsi Lampung guna menjadi ambassador atau duta BPJPH bagi satuannya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: