Kisah Sedih Dari Jombang

Kisah Sedih Dari Jombang

SEUMPAMA Herry Wirawan, 37, adalah Mas Bechi, 42, mungkin ia tidak sampai dihukum mati.

Mungkin dihukum seumur hidup. Atau beberapa tahun saja. Sebab, santri Mas Bechi sangat solid. Sampai diangkut polisi tiga truk.

DI situ jelas, bahwa hukum bersifat relatif. Bagai bumi-langit. Relatif terhadap siapa hukum diterapkan. Kalau orangnya berstatus rendah, bumi. Kalau tinggi, langit

Barrett McGurn dalam bukunya, Slogans to Fit the Occasion (1982), menyebutkan, kata equal justice under law sudah ditempel dalam bentuk ukiran di pintu gerbang gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) pada 1932 oleh firma arsitektur yang merancang bangunan tersebut.

Tepatnya, di atas pintu gerbang gedung Mahkamah Agung itu. Sebagai prasasti.

Prasasti itu terpasang atas persetujuan hakim Charles Evans Hughes dan hakim Willis van Devanter.

Sebab, menurut mereka, semua orang seharusnya sama di mata hukum. Prasasti itu sudah betul.

Namun, setelah prasasti terpasang, timbul perbedaan pendapat. Banyak yang tidak setuju. Dalam pikiran mereka yang tidak setuju, membayangkan, ”Masak sih, orang kulit hitam diperlakukan sama (di mata hukum) dengan orang kulit putih?”

Barrett McGurn (1914–2010) mantan jurnalis, kemudian jadi juru bicara Mahkamah Agung AS (1973–1982).

Ia mencatat pergulatan beda pendapat di zaman itu. Soal prasasti itu. Dituangkan di buku Slogans to Fit the Occasion. Akhirnya, prasasti itu tetap ada sampai sekarang. Sudah 90 tahun.

Penerapan slogan hukum equality before the law sudah jadi perdebatan sejak hampir seabad lalu. Di AS. Penerapannya pasang-surut. Sampai kematian George Floyd di tangan polisi kulit putih, 2020.

Di Indonesia, UUD 1945 Pasal 27 ayat 1, isinya: ”Semua warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum....”

Tapi, dalam praktiknya pasang-surut. Bersifat relatif.

Jadi, apabila nasib Herry Wirawan dengan Mas Bechi (Mochamad Subchi Azal Tsani) tidak sama, meski kasusnya mirip (dugaan pemerkosaan terhadap santriwati), adalah wajar. Karena penerapan hukum bersifat relatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hariandisway.id