Aplikasi SPADA Sekolah Karya Dosen dan Mahasiswa UTI Dapatkan Hak Cipta

Aplikasi SPADA Sekolah Karya Dosen dan Mahasiswa UTI Dapatkan Hak Cipta

Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web (Spada Sekolah) Karya Dosen dan Mahasiswa UTI telah mendapatkan Hak Cipta dan telah diterapkan di MAN 1 Pesawaran. Foto Universitas Teknokrat Indonesia (UTI)--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) PTS Terbaik ASEAN, universitas yang memiliki slogan Kampus Hijau Sang Juara terus mendukung dosen dan mahasiswanya untuk selalu berinovasi. 

Salah satu inovasi yang dibuat oleh dosen bersama mahasiswa yaitu Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web yakni Spada Sekolah yang telah diterapkan pada MAN 1 Pesawaran. Aplikasi ini dibuat berdasarkan pada kebutuhan sekolah untuk mempermudah proses belajar mengajar. 

Tim Dosen pada pembuatan aplikasi ini yaitu Styawati, M.Cs., S.Samsugi, M.Eng., Ade Surahman, M.Kom.Sedangkan mahasiswa berprestasi yang tergabung dalam tim ini adalah  Ryan Puji Cahyono, Lili Andraini, Izudin Ismail, Nadiya Safitri merupakan mahasiswa dari program studi S1 Teknik Komputer FTIK Universitas Teknokrat Indonesia yang aktif dalam berorganisasi dan berinovasi. 

Perwakilan Tim Dosen Teknokrat, Styawati, M.Cs menjelaskan bahwa sebelum aplikasi ini diterapkan, MAN 1 Pesawaran menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mempermudah proses belajar mengajar pada saat pandemi covid-19 melanda Indonesia khususnya kabupaten Pesawaran. 

BACA JUGA:Mendag Zulkifli Hasan Bagikan 2.000 Liter Minyakita secara Gratis di Kelurahan Keteguhan

"Fitur pada Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web ini yaitu pembuatan kelas (course), unggah materi kuliah, pembuatan tugas, pembuatan kuis, forum diskusi, daftar hadir, dan masih banyak lagi. Dengan adanya aplikasi ini, guru di MAN 1 Pesawaran dapat mendokumentasikan setiap aktivitas belajar mengajar," jelas Styawati.

Tim Dosen Teknokrat, S.Samsugi, M.Eng juga menambahkan selain guru, kepala sekolah dan siswa juga diberikan keuntungan dari diimplementasikannya aplikasi ini. Kepala Sekolah dapat mengontrol secara langsung proses belajar mengajar. 

Contohnya, Kepala Sekolah dapat melihat apakah guru pada suatu mata pelajaran sudah memberikan materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kepala sekolah juga dapat melihat keaktifan guru dan murid melalui forum diskusi. 

Begitupun dengan siswa MAN 1 Pesawaran, mereka diberikan kemudahan dalam mengakses materi maupun tugas dari guru MAN 1 Pesawaran dimanapun mereka berada dan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. 

BACA JUGA:Baru Keluar dari Penjara, Pria Ini Kembali Berurusan dengan Polisi, Alasannya Bikin Miris..

"Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web (Aplikasi Spada Sekolah)  ini telah mendapatkan Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia," jelas Samsugi. 

Sementara itu, Wakil Rektor UTI Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM.  menyampaikan apresiasi atas karya aplikasi dosen dan mahasiswa yang telah dibuat dan diterapkan di MAN 1 Pesawaran. Selain itu Mahathir juga mengharapkan dosen dan mahasiswa lainnya dapat membangun aplikasi/inovasi lain yang bermanfaat di bidang pendidikan dan industri di era global ini. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: